Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan KCJB Disebut Bisa Tahan Gempa dan Berumur hingga 100 Tahun

Kompas.com - 24/11/2022, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengeklaim bahwa struktur bangunan serta prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dirancang tahan gempa.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, prasarana KCJB seperti jembatan, subgrade, hingga terowongan di sepanjang trase, dirancang supaya memiliki ketahanan gempa hingga 8-9 Skala Intensitas Seismik atau setara dengan 8 magnitudo.

"Struktur prasarana KCJB sudah mempertimbangkan kondisi di Indonesia yang sering terjadi gempa. Struktur prasarana KCJB didesain tahan gempa dan bisa memiliki usia pakai hingga 100 tahun," ujarnya dikutip dari laman Kompas.tv, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Mengenal Depo Tegalluar, Rumah Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menurut dia, gempa tertinggi yang pernah terjadi di Pulau Jawa memiliki kekuatan 8 magnitudo.

Sehingga kondisi itu diantisipasi dalam pembangunan struktur KCJB agar mampu menghadapi gempa yang menyebabkan kerusakan parah, keretakan tanah, hingga longsor.

Dwiyana pun menegaskan bahwa dalam pelaksanaan kontruksinya, KCJB selalu memerhatikan kualitas agar hasil pembangunan berfungsi secara optimal.


Selain struktur bangunan yang tahan gempa, sarana kereta cepat baik itu untuk penumpang (EMU) maupun inspeksi (CIT) juga sudah dilengkapi fitur pendeteksian bencana.

"Desain struktur bangunan yang mumpuni dan juga fitur kereta api yang mampu mendeteksi bencana, disematkan untuk keamanan operasional KCJB. Diharapkan bisa memitigasi dampak apabila terjadi bencana," pungkasnya.

 

Penulis: Dina Karina | Editor: Purwanto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com