Kompas.com - 24/11/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk merealisasikan perolehan kontrak baru sampai dengan Oktober 2022 sebesar Rp 19,1 triliun.

Jumlah tersebut naik sebesar 51% dibandingkan perolehan kontrak baru pada periode yang sama pada tahun 2021 lalu sebesar Rp 12,7 triliun.

Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pertumbuhan kontrak sampai akhir tahun.

"Kami terus berupaya agar kontrak ADHI terus tumbuh sampai akhir tahun, dan beberapa rencana telah dijalankan untuk mencapai target ADHI di tahun 2022," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/11/2022).

Beberapa kontrak baru yang didapatkan pada Oktober 2022 di antaranya, Sistem Pengelolaan Air limbah Domestik Terpusat di Kota Banda Aceh dan Plant Road and Drainage di Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Adhi Karya Terima Duit Rp 2,8 Triliun dari Dua Proyek Jumbo Ini

Profil kontribusi perolehan kontrak baru sampai Oktober 2022 dari lini bisnis engineering dan konstruksi mendominasi sebesar 90%, properti sebesar 9%, serta sisanya merupakan lini bisnis lainnya.

Sedangkan berdasarkan tipe pekerjaan yang diperoleh, jenis proyek jalan dan jembatan sebesar 26%, gedung 30%, dan infrastruktur lainnya seperti pembuatan bendungan, bandara, jalur kereta api, dan proyek energi, serta proyek lainnya sebesar 44%.

Berdasarkan segmentasi sumber dana, realisasi kontrak baru yang bersumber dari Pemerintah sebesar 39%, BUMN dan BUMD sebesar 11%, sementara proyek kepemilikian swasta/lainnya termasuk proyek investasi sebesar 50%.

Baca juga: Adhi Karya Kelar Rehabilitasi Jaringan Irigasi 5.472 Hektar bagi Masyarakat Tapin

Adapun dari peningkatan kinerja yang ada menunjukan konsistensi Adhi Karya untuk terus meningkatkan performa perusahaan di tengah situasi industri pada saat ini.

Dari perolehan kontrak baru juga menunjukan bahwa Adhi Karya semakin sadar akan pengembangan bisnis berbasis ekonomi hijau untuk keberlanjutan usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.