Kompas.com - 24/11/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Eskalasi proyek infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah disetujui.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pembukaan Infrastructure Connect 2022 di Jakarta pada Rabu (23/11/2022).

"Eskalasi sudah dibenarkan, sudah ada legalnya dari Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), jadi sudah ada surat edarannya," jelas Basuki.

Oleh karena itu, Basuki berpesan kepada para kontraktor untuk tidak ragu-ragu dalam menyelesaikan pekerjaan.

"Jangan sampai kita putus kontrak hanya gara-gara keragu-raguan eskalasi. Eman-eman bapak sudah memenangkan tender dengan susah payah, kalau putus di jalan kan eman-eman," tambah Basuki.

Baca juga: Rupiah Melemah, Kementerian PUPR Ajukan Eskalasi Proyek 8 Persen

Adapun kebijakan eskalasi proyek infrastruktur ini tidak hanya berlaku untuk proyek yang sedang berjalan, tetapi juga proyek dengan pekerjaan yang sudah selesai.

Lanjut Basuki, perhitungan eskalasi untuk proyek yang sudah selesai kemungkinan akan dimulai pada saat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik sekitar bulan September 2022.

"Jadi walaupun sudah selesai tetap akan dieskalasi, makanya ada cut off-nya, sejak kapan dia akan dieskalasi," tegas Menteri Basuki.

Juru bicara (Jubir) Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menjelaskan, ada perhitungan eskalasi yang telah dipertimbangkan yaitu sekitar 7-8 persen.

Kendati demikian, Endra menegaskan eskalasi ini tergantung proyek yang sedang digarap dan biasanya berlaku untuk proyek dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) rendah.

Baca juga: Imbas BBM Naik, Penyelesaian Proyek Bakal Terlambat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.