Kompas.com - 24/11/2022, 09:30 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Jika melintasi gerbang pembuka di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), GT Pekanbaru, Anda akan disuguhkan dengan alunan musik melayu.

Ternyata, dari banyak lagu yang diputar tersebut, beberapa di antaranya dinyanyikan oleh petugas Tol Permai itu sendiri.

Hal ini disampaikan Branch Manager (BM) Tol Permai AA GD Indrayana kepada Tim Merapah Kompas.com di Pekanbaru, Rabu (23/11/2022).

"Bagus sekali lagunya, terkait dengan Tol Pekanbaru-Dumai ini, demi keselamatan," ucap Indrayana.

Menurut dia, alunan musik melayu di Tol Permai yang disajikan itu merupakan public address system untuk safety campaign (kampanye keselamatan) yang secara terus-menerus diputar selama 24 jam.

"Kedua, karena kita di tanah melayu, tentunya kita harus menyuarakan musik-musik daerah sini. Tadi terdengar kan, lagu melayu," kata dia.

Baca juga: Tak Hanya di Tol Permai, Pelintasan Satwa Liar Juga Ada di Tol Sibanceh

Lebih dari itu, Tol Permai merupakan ruas jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia, setelah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Tol ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang dirancang sepanjang 131 kilometer.

Infrastruktur konektivitas ini terdiri dari enam seksi yakni, Seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Selanjutnya, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.

PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor dan pengelola membenamkan investasi untuk membangun Tol Permai senilai Rp 16,21 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.