Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menargetkan seluruh dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada akhir tahun 2022.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Kerja (Raker) antara Kementerian ATR/BPN dengan Komisi II DPR RI, pada Senin (21/11/2022).

Menurut Hadi Tjahjanto, terdapat sembilan RDTR IKN yang terbagi berdasarkan wilayah perencanaan (WP).

"Kami laporkan dari sembilan WP (RDTR), empat sudah selesai, sudah kami serahkan kepada kepala Otorita IKN," terangnya dikutip dari kanal Youtube Komisi II DPR RI.

 

Empat dokumen RDTR itu telah diserahkan kepada Otorita IKN pada 8 Agustus 2022 lalu. Meliputi WP KIPP, WP 2 IKN Barat, WP 4 IKN Timur 1, dan WP 5 IKN Timur 2.

Di mana keempat RDTR tersebut akan dilanjutkan ke proses legislasi.

Baca juga: 4 Dokumen Rencana Detail Tata Ruang IKN Diserahkan ke Badan Otorita

"Lima (RDTR) lagi menyusul akhir tahun 2022 ini sudah selesai, dan akan kami segera selesaikan kepada Kepala Otorita IKN," tandasnya.

Dia pun menjelaskan progres penyiapan kelima RDTR IKN yang dimaksud.

Pertama untuk WP 6 IKN Utara, sedang disusun. Mencakup Materi Teknis, Draft Raperka Otorita IKN, dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Selanjutnya yakni RDTR WP 3 IKN Selatan, WP 7 Simpang Samboja, WP 8 Kuala Samboja, dan WP 9 Muara Jawa.

Kini mempertimbangkan urgensi untuk segera ditetapkan. Dilaksanakan penyusunan materi teknis pada Oktober-Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com