Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, Bobby Nasution Ajak Gereja Bangun Sumur Resapan

Kompas.com - 21/11/2022, 14:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan Safari Natal ke Gereja HKBP Pardamean di Jalan Taduan, Kecamatan Medantembung.

Selain menyerahkan bantuan sosial sebesar Rp 10 juta untuk masyarakat, dia juga menghibahkan Rp 50 juta untuk renovasi gereja dan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk mengatasi banjir di sekitar rumah ibadah tersebut.

Perintah ini menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang disampaikan Pendeta Tampak Hutagaol. Tampak bilang, kawasan di sekitar gereja sering kebanjiran saat hujan deras turun, antara lain di Jalan Taut, Taduan dan Rela.

Dia berharap drainase diperbaiki sehingga jemaat dan masyarakat sekitar merasa nyaman melakukan aktivitasnya.

Baca juga: 30 Tahun Menanti, Akhirnya Jalan Aman Diperbaiki, Warga Ulosi Kahiyang dan Bobby

Bobby meneruskan aspirasi tersebut kepada Kadis PU Kota Medan Topan OP Ginting yang mendampingi. Topan mengatakan, pekerjaan di kawasan Gereja HKBP Pardamean akan direalisasikan pada September atau Oktober 2023.

Bobby atas nama Pemkot Medan meminta maaf karena banjir terus melanda. Dia mengatakan, kondisi sungai dan drainase tidak dapat menampung debit air hujan di kota maupun di pegunungan yang menjadi penyebabnya.

"Pemkot Medan terus berupaya menangani banjir, tidak bisa dilakukan dalam setahun atau dua tahun. Kami minta doa masyarakat agar apa yang kita kerjakan sesuai target," kata Bobby, Minggu (20/22/2022).

Dirinya mengajak seluruh gereja di Kota Medan untuk membangun sumur resapan guna menampung air hujan sebelum dialirkan ke drainase.

"Pembuatan sumur resapan merupakan salah satu partisipasi yang dapat dilakukan rumah ibadah dalam mendukung program prioritas Pemkot Medan yakni mengatasi banjir," ungkapnya.

Di hadapan Tampak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Impun Siregar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Sofyan, Bobby menyampaikan, ada sebelas OPD yang hadir.

Dia menjelaskan tugas ke-11 OPD tersebut, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan untuk membantu rumah ibadah yang ingin melakukan pembangunan.

Dinas Perpustakaan dan Arsip akan membantu e-book dan buku untuk anak-anak. Dinas Ketenagakerjaan memberi pelatihan keterampilan kepada jemaat, Dinas PU mengatasi masalah banjir di sekitar gereja dan melakukan perbaikan drainase sesuai keinginan jemaat.

"Terima kasih kepada Bapak Wali Kota yang telah memberi akta koperasi, akta lahir dan nikah dan semua perhatian kepada kami. Semoga Kota Medan menjadi Medan yang berkah ke depannya," kata Tampak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com