Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertengahan 2023, Ruas Tol Probolinggo Timur–Gending Mulai Beroperasi

Kompas.com - 15/11/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.co - Pada pertengahan tahun 2023 mendatang, ruas tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) Seksi 4A yakni dari Probolinggo Timur hingga ke Gending ditargetkan akan beroperasi.

PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) mencatat hingga awal November 2022 konstruksi tol sepanjang 8,57 km tersebut telah mencapai 71,38 persen.

Sebelumnya, Seksi 1–3 (Pasuruan–Probolinggo Timur) sepanjang 31,3 Km telah beroperasi sejak tahun 2019 sehingga nantinya ruas tol yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa tersebut akan dapat menyambungkan wilayah Pasuruan hingga Gending.

Direktur Utama Waskita Toll Road, Rudi Purnomo menyampaikan bahwa konstruksi Ruas Tol Paspro Seksi 4A merupakan salah satu realisasi penyerapan dana PMN yang diterima pada awal tahun
2021.

Baca juga: Layanan Tol Pasuruan-Probolinggo Dinilai, Ini Catatan Evaluasinya

Dikatakan Dana PMN yang diterima oleh perusahaan telah dialokasikan untuk mempercepat penyelesaian Ruas Probolinggo Timur–Gending.

“Nantinya saat sudah beroperasi penuh, Ruas Tol Paspro akan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan, baik untuk kebutuhan logistik maupun pariwisata dari arah Jember dan Banyuwangi menuju Surabaya atau sebaliknya,” jelas Rudi dalam rilis yang diterima Kompas.com.

 

Dikatakan, jalur tersebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dan mempermudah akses ke jalan tol yang terhubung langsung sampai Jakarta.

Direktur Utama TPJT, Mulya Setiawan menyampaikan jika sudah beroperasi penuh, nantinya
Ruas Tol Paspro akan memangkas waktu tempuh dari Pasuruan menuju Gending.

Selain itu, kehadiran Ruas Tol Paspro juga akan mempermudah akses menuju Kota Probolinggo dan menyambungkan berbagai wilayah di Jawa Timur.

Baca juga: Lewat Jalan Tol, dari Kayu Agung ke Betung Cuma 90 Menit

“Lokasi Ruas Tol Paspro yang strategis dapat mempermudah akses menuju area pariwisata
nasional, seperti Gunung Bromo dan Tengger Semeru,” ungkap Mulya.

Mulya menjelaskan, melalui Gerbang Tol Gending yang jaraknya hanya 2,6 Km dari jalur Pantura, pengguna jalan dari arah Pantura dapat sampai di area pariwisata nasional dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan melalui jalan nasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com