Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Bendungan Semantok, Hutama Karya Masuk Kompetisi Konstruksi Dunia

Kompas.com - 11/11/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkat pembangunan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, PT Hutama Karya (Persero) menjadi salah satu finalis penghargaan infrastruktur Going Digital Award yang digagas Bentley.

Going Digital Awards sendiri merupakan kompetisi global dalam dunia konstruksi yang memberikan apresiasi para pelaku industri konstruksi dalam memajukan dan mendorong penerapan digitalisasi.

Sejak tahun 2004, program penghargaan ini telah mengakui lebih dari 4.400 proyek infrastruktur paling menonjol di dunia.

Hutama Karya terpilih menjadi finalis untuk kategori “Geo Professional” untuk Semantok Dam Project (Proyek Bendungan Semantok).

Ini merupakan penghargaan untuk kategori proyek yang telah menunjukkan keunggulan dan kemajuan digital dalam manajemen geo-data dan informasi.

Kemudian, geologi, geofisika, dan geoteknik yang telah menghasilkan pengurangan risiko, kelestarian lingkungan, atau desain yang dioptimalkan untuk kinerja jangka panjang.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Bendungan Terpanjang Kedua se-Asia Tenggara

EVP Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, Hutama Karya akan merebutkan gelar juara dalam kategori Geoprefosional ini bersama pemain global GHD dan Mott MacDonald.

"Momentum ini juga menjadi kebanggaan Indonesia untuk dunia, di mana perusahaan BUMN Karya mampu tampil di ajang internasional," tutur dia dalam rilis, Jumat (11/11/2022).

Tjahjo menjelaskan,  11panel juri independen telah memilih 36 finalis untuk 12 kategori yang dipertandingkan.

Para finalis yang terpilih ini merupakan saringan dari lebih dari 300 submission dari 180 organisasi atau perusahaan konstruksi dari 47 negara.

Pada akhir tahun ini, Hutama Karya akan memiliki bendungan kedua terpanjang di Asia Tenggara yaitu Semantok.

Dikatakan sebagai yang terpanjang karena Bendungan Semantok memiliki panjang tubuh bendungan 3,1 kilometer dengan tinggi bendungan 30 meter (dari dasar pondasi bendungan).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com