Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Isi Perpustakaan Muhammed Bin Rashid di Dubai

Kompas.com - 29/10/2022, 15:03 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Uni Emirat Arab telah meresmikan perpustakaan Muhammed Bin Rashid di Al Jaddaf pada pertengahan bulan Juni lalu.

Bagunan seluas 54.000 meter persegi ini memiliki tujuh lantai dan dilaporkan dapat menampung hingga 1.000 pengunjung pada waktu yang bersamaan.

Jika melihat secara sekilas, bangunan di tepi sungai Dubai ini terlihat seperti buku yang terbuka. Namun, desain arsitektur ini sebenarnya dirancang menyerupai rehl atau rekal yang biasanya menjadi penyangga Al-Quran.

Dikatakan, perpustakaan MBR punya koleksi lebih dari 1 juta judul buku dengan varian bahasa yang luas, hingga 30 bahasa. Bentuk dari sumber informasinya pun beragam, tidak terbatas hanya pada buku fisik, tetapi juga digital dan audio.

Baca juga: Kerennya Perpustakaan Jakarta, Lebih Tertib, Modern, dan Nyaman

Berbeda dengan perpustakaan pada umumnya, perpustakaan yang satu ini memiliki bagian-bagiannya sendiri untuk setiap kategori buku.

Terdapat 9 bagian perpustakaan, mulai dari general, emirates, young adults, children, private collection, maps dan atlases, media dan arts, bisnis, dan periodicals.

Selain 9 bagian perpustakaan, tempat ini juga menyediakan museum di lantai teratas. The treasures of the library di lantai 7 memamerkan berbagai buku, dokumen, manuskrip, dan karya-karya seni yang antik dan langka.

Ketika sudah lelah bekerja dan berkeliling, terdapat cafe di lantai dasar yang menyediakan berbagai minuman.

Namun, lebih baik untuk menghabiskannya terlebih dahulu karena minuman tidak boleh dibawa berkeliling di sekitar perpustakaan.

Untuk menuju ke perpustakaan, Anda bisa menggunakan metro dan turun di stasiun Al Jadaf lalu jalan kaki sekitar 200 meter atau 5 menit.

Akses masuknya juga gratis dan terbuka untuk umum, tetapi Anda perlu reservasi melalui situs resmi perpustakaan MBR terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com