Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Lakukan "Equity Fundraising" Tol Trans-Jawa pada Awal 2023

Kompas.com - 27/10/2022, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah merencanakan program equity fundraising melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT).

Rencana ini merupakan salah satu inovasi pendanaan berbasis ekuitas untuk memperkuat fundamental keuangan dan keberlanjutan perusahaan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Ade Wahyu menjelaskan, rencananya  program ini akan dilaksanakan pada Semester 1 Tahun 2023.

"Perlu dilakukan pengenalan kepada publik dan calon investor seperti institusi manajemen investasi, dana pensiun dan perusahaan pengelola jalan tol. Kami optimis produk ini sangat bagus dan dapat diterima dengan baik oleh pasar," ucap Ade, dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Sekali Lagi, Begini Mekanisme Transaksi Tanpa Sentuh Non-Setop MLFF di Jalan Tol

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, equity fundraising adalah salah satu inisiatif strategis yang telah dipersiapkan sejak tahun 2020 dan tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan.

Inisiatif strategis ini dikarenakan prospek bangkitan lalu lintas serta pertumbuhan ekonomi dan jaringan jalan di sepanjang koridor Jalan Tol Trans-Jawa yang sangat baik dalam jangka panjang.

"Lokasi jalan tol yang terletak di pulau dengan populasi penduduk terpadat di Indonesia ini, terkoneksi dengan area-area yang strategis di antaranya bandar udara, pelabuhan, area industri hingga lokasi pariwisata yang secara tidak langsung telah menjadi penggerak perekonomian di Pulau Jawa," ujar Subakti.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano menambahkan, PT JTT mengelola jalan tol dengan total panjang 676 kilometer.

Baca juga: Sesuai Konsep Jalan Tol Berkelanjutan, Begini Rest Area yang Ideal

Ini merupakan 57 persen dari total panjang Jalan Tol Trans-Jawa secara keseluruhan yang mencapai 1.184 kilometer.

"Jasa Marga optimis tindak lanjut rencana Perseroan melalui equity fundraising PT JTT ini, untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas, juga berjalan lancar," paparnya.

Dengan prospek pertumbuhan yang baik, maka diharapkan Jalan Tol Trans-Jawa dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com