Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Oktober, Tol Trans-Sumatera Tahap I Membentang 1.064 Kilometer

Kompas.com - 25/10/2022, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara ekuivalen, Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Tahap I telah membentang 1.064 kilometer.

Rinciannya, ruas yang telah beroperasional sepanjang 549 kilometer dan yang saat ini masih konstruksi membentang 515 kilometer.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) mengatakan, perseroan menargetkan penambahan target ruas JTTS secara ekuivalen sepanjang 77,26 kilometer.

Ini di antaranya ruas Tol Kisaran-Indrapura sepanjang 11,11 kilometer, Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 4,95 kilometer, dan Tol Bangkinang-Pangkalan sepanjang 4,19 kilometer.

Kemudian, Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan) sepanjang 24,07 kilometer, dan Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5 dan 6) sepanjang 0,35 kilometer.

Selanjutnya, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih 21,12 kilometer, dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 10 kilometer.

Baca juga: Tol Pertama dan Terbaik di Indonesia Itu Bernama Jagorawi, Dibangun Kontraktor Korea

Per September 2022, ruas JTTS tambahan yang beroperasi yakni Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 (6 kilometer) dan Tol Binjai-Stabat Seksi 1 (12 kilometer).

Lalu, ruas yang akan beroperasi dalam waktu dekat yaitu Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17 kilometer), dan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 kilometer).

“Fokus perusahaan pada tahun 2023 hingga 2024 mendatang untuk menyelesaikan konstruksi JTTS tahap I," tegas Koentjoro dalam rilis, Selasa (25/10/2022).

Sekadar informasi, pembangunan JTTS didukung oleh pemerintah berupa pendanaan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Selain itu, konstruksi beberapa ruas mendapatkan pendanaan dari ekuitas dan penerbitan Global Medium Term Notes (GMTN).

Dalam meningkatkan skala perekonomian masyarakat di ruas-ruas tol yang ikelola, Hutama Karya juga berkomitmen dalam melibatkan dan mengutamakan peran masyarakat setempat dan pengusaha lokal atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Caranya, dengan memfasilitasi sewa tenant (penyewa) khusus UMKM dengan sistem sewa terjangkau.

Kini, ada 21 rest area yang telah beroperasi di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Tol Palembang-Indralaya yang seluruhnya merupakan 100 persen masyarakat setempat dan pengusaha lokal atau UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com