Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Jaringan Irigasi Jambo Aye Kanan Tuntas 1.100 Hektar

Kompas.com - 19/10/2022, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan tahap 1 Daerah Irigasi (DI) Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur ditargetkan bisa selesai akhir tahun 2022.

Hal itu diutarakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau langsung proyek DI Jambo Aye Kanan pada Selasa (18/10/2022).

Menurut dia, sebelumnya telah menyelesaikan pembangunan DI Jambo Aye Kiri dengan luas 19.000 hektar. Lalu kini DI Jambo Aye Kanan seluas 3.028 hektar.

"Pada tahap I akan kita selesaikan Desember 2022 seluas 1.100 hektar, dan kita akan tuntaskan sisanya hingga 3.028 hektar pada 2024. Sebagian tanahnya sudah siap," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Pembangunan DI Jambo Aye Kanan telah dimulai sejak akhir 2016 lalu. Mencakup pekerjaan saluran primer sepanjang 10 km dan saluran jaringan sekunder 32 km yang akan mengairi area seluas 3.028 hektar.

Pekerjaannya dilakukan oleh kontraktor PT. Selaras Mandiri Sejahtera-PT. Nakhla Sampurna, KSO dengan biaya APBN senilai Rp 225 miliar.

Baca juga: Pengembangan Daerah Irigasi Tapin Rampung Akhir Tahun, Ini Rinciannya

"Selain jaringan irigasinya, saya juga minta jalan inspeksi sisanya 4 km juga harus sudah selesai Desember 2022, sehingga kontraktor perlu upaya percepatan dengan menambah alat dan tenaga kerja," katanya.

Pembangunan DI Jambo Aye Kanan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang harus segera diselesaikan untuk mendukung program ketahanan pangan secara nasional, khususnya di Provinsi Aceh.

Selain DI Jambo Aye Kanan, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan DI Lhok Guci di Kabupaten Aceh Barat.

"Infrastruktur irigasi salah satu yang sering diingatkan Bapak Presiden, khususnya Lhok Guci dan Jambo Aye, karena bendung sudah selesai lama tetapi tidak berfungsi karena jaringan irigasinya belum ada," pungkas Basuki.

Baca juga: 4 Tanggul Jebol di Aceh Segera Ditangani, Ini Sebarannya

Untuk diketahui, Kementerian PUPR telah membangun banyak bendungan dan bendung di berbagai daerah.

Selanjutnya diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

Diharapkan dengan selesainya DI Jambo Aye dapat meningkatnya produktivitas pertanian di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com