Kompas.com - 06/10/2022, 09:15 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ada yang baru dari kawasan Teluk Kelayan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Daerah yang dulunya merupakan kawasan kumuh tersebut kini ditata lebih menarik menjadi kompleks hunian vertikal dan ruang publik bagi masyarakat sekitar. 

Pekerjaan tersebut dilakukan oleh  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai 20 April 2020. Proyek dengan luas wilayah penataan 15 hektar ini  rampung pada 10 Desember 2021.

Rincian tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel Teuku Davis Hamid dalam Press Tour Infrastruktur Kalsel pada Rabu (5/10/2022).

"Tahun 2016-2017 melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin sudah membebaskan lahan dengan total biaya Rp 43 miliar," papar Hamid.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan, antara lain pile slab siring, drainase, drop off area, plaza, amfiteater, lapangan futsal mini, gerbang kawasan, dan area parkir.

Baca juga: Perhatikan, Ini Ciri-ciri Permukiman Kumuh Sesuai Aturan

Penataan kawasan Kelayan dimulai dengan mendata parameter kumuh seperti tingkat hunian padat dan tidak teratur, drainase, jalan, air minum dan beberapa hal lainnya.

Proyek dilaksanakan dengan dengan pola kolaboratif antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta pihak swasta.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, penataan Teluk Kelayan menghasilkan ruang publik yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pada sore hari dengan cuaca cerah, wajah baru Teluk Kelayan ramai dikunjungi berbagai generasi masyarakat, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.