Kompas.com - 04/10/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong awareness (kesadaran) dari Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menuntaskan sisa penanganan permukiman kumuh seluas 4.170 hektar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, ini merupakan upaya agar tidak selalu membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) milik Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan Diana dalam konferensi pers Peringatan Hari Habitat Dunia (HDD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2022, Senin (3/10/3022).

"Jadi, Pemda di sini harus kita dorong untuk dia ada awareness-nya (kesadarannya), ada rasa memiliki bahwa daerahnya harus ditangani. Karena, kalau kita tangani terus, nanti seolah-olah ini miliknya pusat, berarti pemeliharaannya pusat juga," tegas Diana.

Baca juga: PR Kabinet Jokowi hingga 2024: Ada 4.170 Hektar Permukiman Kumuh yang Belum Ditangani

Diana kembali menegaskan, pihaknya akan terus mendorong Pemda agar bisa menangani permukiman kumuh ini secara bertahap. Sehingga, harus ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak tersebut.

"Misalnya, tahun ini sekitar 2.000-an, berarti ke depan sudah berkurang lagi menjadi 2.000- an, ke depan lagi mudah-mudahan bersama-sama dengan Pemda ini nanti sudah habis," tuturnya.

Penanganan permukiman kumuh ini merupakan bagian dari peringatan HHD-HKD 2022 dengan tema nasional "Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan menuju Nol Kumuh.”

Tujuannya adalah untuk penyebarluasan capaian dan upaya meningkatkan komitmen serta partisipasi berbagai pihak dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan inklusif tanpa meninggalkan seorang pun dan satu wilayah pun.

Hal ini sesuai dengan komitmen Indonesia dalam Sustainable Development Golas (SDGs) tujuan ke-11 “New Urban Agenda” (NUA). Saat ini, peringatan HHD 2022 diperingati di Balikesir, Turki, tepat pada 3 Oktober 2022.

Sementara HKD diperingati pada 31 Oktober 2022 di Shanghai, China. Puncak peringatan HHD di Indonesia akan diselenggarakan pada peringatan HKD yaitu pada minggu keempat Oktober tahun 2022 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.