Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2022, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjarmasin adalah kota terbesar di Kalimantan Selatan yang pernah menjadi ibu kota provinsi tersebut sebelum dipindahkan ke Kota Banjarbaru.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), luas Kota Banjarmasin adalah 98,46 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 662.320 jiwa per tahun 2021.

Salah satu ikon di Kota Banjarmasin adalah Pasar Apung yang bahkan dijadikan sebagai destinasi wisata di sana.

Kota Banjarmasin adalah salah satu wilayah yang memiliki akses terdekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia membangun sejumlah infrastruktur di Kota Banjarmasin untuk semakin memajukan daerah tersebut.

Kota Banjarmasin juga menjadi daerah yang dilirik oleh para pengembang perumahan subsidi. Hal ini terlihat dari sejumlah rumah murah yang telah terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Bagi Anda yang tengah mencari rumah di Kota Banjarmasin, berikut beberapa pilihannya.

Sementara bagian pertama artikel ini bisa Anda akses lewat tautan berikut Mau Tinggal Dekat Pasar Apung Kota Banjarmasin? Ini Rekomendasinya (I)

6. Green Sunny Estate

Perumahan ini berlokasi di Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang dikembangkan oleh PT Haris Sunny Properti.

Masih tersedia 27 unit rumah subsidi seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 73 meter persegi.

7. Asman Banua Anyar

Dikembangkan oleh PT Ananda Surya, perumahan ini berlokasi di Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Masih tersedia 50 unit rumah subsidi seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 72 meter persegi.

8. Komplek Antasari Mandri

Perumahan ini berlokasi di Murung Raya, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang dikembangkan oleh PT Reyhan Berkah Mandiri.

Baca juga: Tertarik Beli Rumah Pakai BPJS Ketenagakerjaan? Berikut Ketentuannya

Masih tersedia 61 unit rumah murah seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 77 meter persegi.

9. Grand Ar Raudah 11

Dikembangkan oleh PT Lampau Graha Tirta Abadi, perumahan ini berlokasi di Tanjung Pagar, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Saat ini tersedia 74 rumah murah seharga Rp 164,5 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 90 meter persegi.

10. Alamindo Permai

Berlokasi di Alalak Selatan, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, perumahan ini dikembangkan oleh PT Awang Sejahtera Permai.

Masih tersedia 26 unit rumah murah seharga Rp 164 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 91 meter persegi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com