Basuki Minta Kontraktor dan Konsultan Bangun Bendungan Manikin secara Paralel

Kompas.com - 02/10/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta kepada kontraktor dan konsultan pengawas agar pembangunan Bendungan Manikin di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dilakukan secara paralel di setiap tubuh infrastruktur supaya selesai sesuai rencana, tahun 2024.

"Tidak perlu sekuensial atau menunggu satu bagian selesai baru dikerjakan bagian lainnya," terang Basuki dilansir dari laman Kementerian PUPR, Minggu (2/10/2022).

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera menyusun teknis penyelesaian terowongan dan bagian inti tubuh bendungan sesuai dengan kondisi lapangan.

Sementara langkah terakhir, dia meminta agar pemetaan secara detail pembuatan drainase  untuk pengamanan lereng di semua bagian bendungan demi mencegah longsor.

"Prediksi BMKG (Badan Meterologi, Krimatologi, dan Geofisika) saat ini, sudah masuk musim hujan. Untuk itu, tolong drainasenya dipetakan secara detail," harapnya.

Baca juga: Pasok Air Baku di Kupang, Bendungan Manikin Ditargetkan Rampung Awal 2024

Basuki juga mengingatkan agar pembangunan Bendungan Manikin juga harus menjaga kondisi alam sekitar

"Jangan lakukan penggalian atau pengupasan tebing jika tidak diperlukan. Beberapa bagian harus segera dihijaukan dengan tanaman endemik disini," kata Basuki.

Bendungan Manikin merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun di Provinsi NTT pada periode 2015 hingga 2024.

Bendungan dengan kapasitas tampung 28,20 juta meter kubik direncanakan dapat memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian seluas 310 hektar di Kabupaten Kupang.

Selain itu, dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku sebesar 700 liter per detik untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,13 megawatt (MW), dan pengendalian banjir 169,45 meter kubik per detik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.