Kompas.com - 02/10/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandatangani 7 prasasti di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (1/10/2022).

Melansir unggahan Twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU, Minggu (2/10/2022), penandatanganan ketujuh prasasti tersebut dilakukan sebagai penanda selesainya pembangunan infrastruktur strategis di NTT.

Menteri Basuki mengatakan bahwa penandatanganan prasasti ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Pemerintah kepada publik atas infrastruktur yang sudah selesai dibangun.

Di dalam prasasti tersebut tertera nama kontraktor serta konsultan pelaksana pembangunan infrastruktur.

Seluruh infrastruktur dibangun sebagai prasarana dasar guna meningkatkan kualitas permukiman, penataan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), penyediaan air bersih, hingga pengelolaan sampah.

Baca juga: Pasok Air Baku di Kupang, Bendungan Manikin Ditargetkan Rampung Awal 2024

7 prasasti infrastruktur stategis di NTT tersebut meliputi:

  1. Penataan Kawasan Pulau Rinca Taman Nasional Komodo,
  2. Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo,
  3. Penataan Kawasan Kota Kupang,
  4. SPAM Wae Mese II,
  5. SPAM Kali Dendeng,
  6. Sistem Pengelolaan Sampah Warloka, dan
  7. Penataan Kawasan Kumuh Oesapa.

Sementara itu, membahas mengenai salah satu infrastruktur yang dibangun seperti Kawasan Marina di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, wilayah ini disebut bisa menjadi contoh tata kota pantai dan pesisir di Indonesia.

Kawasan "Waterfront" Pantai Marina menjadi ruang terbuka dan ruang aktivitas kreatif bagi masyarakat serta wisatawan untuk menikmati keindahan laut Labuan Bajo.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, penataan Kawasan Marina di Labuan Bajo merupakan model yang baik bagi kota-kota pantai dan pesisir di Indonesia.

Baca juga: Rehabilitasi Bendung Kambaniru di NTT Hampir Kelar, Ini Penampakannya

Khususnya kota yang mengandalkan potensi pariwisata sebagai basis perekonomian lokal.

"Ruang publik sebagai ruang ketiga perlu kita ciptakan agar kota-kota kita semakin humanis, nyaman dan berkualitas layanannya," ujar Endra dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (22/07/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.