Mudahkan Distribusi Produk China, Peritel Ini Sewa Lantai di Samanea Jakarta Trade City

Kompas.com - 02/10/2022, 10:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSamanea Group menjalin kerja sama dengan perusahaan e-commerce asal China sekaligus peritel terbesar di Asia Tenggara, Wook Global Technology (WOOK), di proyek Samanea Jakarta Trade City.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memudahkan distribusi produk-produk China masuk ke Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Presiden Samanea Group Zhang Ying Fa dengan Pendiri WOOK Xu Longhua.

Menurut Zhang, Indonesia menjadi negara pertama yang melakukan perjanjian tersebut mencakup pergudangan dan logistik, integrasi rantai pasokan, layanan nilai tambah pelanggan, dan layanan investasi kota bisnis, serta integrasi sumber daya daring dan luring.

Dalam kerja sama ini, Samanea dan WOOK bersama-sama juga akan memperluas integrasi sumber daya bisnis di Thailand, Filipina, Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

“Untuk mendukung hal tersebut, WOOK menyewa lantai tiga Samanea Jakarta Trade City, dan akan membangun studio Samanea Jakarta Live Broadcasting Base untuk disiarkan secara langsung produk-produk yang dipasarkan di Samanea Jakarta Trade City,” terang Zhang dalam rilis, Minggu (2/10/2022).

Zhang berharap, kerja sama ini dapat menjembatani produk-produk e-commerce China dengan pasar peritel di Indonesia secara menyeluruh, dan akhirnya berdampak positif berhadap perkembangan bisnis ritel di Indonesia.

Baca juga: Samanea Group Hadirkan Pusat Grosir Baru di Tangerang New City

Senada dengan Zang, Xu mengatakan, pihaknya akan mengembangkan studio siaran langsung dan ruang pameran e-commerce Indonesia seluas lebih dari 2.000 meter persegi di Samanea Jakarta Trade City.

WOOK akan bersinergi dengan beberapa e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan inkubasi e-commerce influencer dengan siaran langsung layanan pemasaran dan promosi sejumlah besar merek luar negeri.

“Studio dapat digunakan siaran langsung daring untuk beberapa merek yang ingin memperkenalkan dan memasarkan produknya," lanjut Xu.

Menurut dia, hal tersebut akan menjadikan Samanea Jakarta Trade City menjadi one-stop international trading ecosystem terlengkap di Indonesia.

Adapun kategori yang dioperasikan oleh WOOK meliputi aksesori 3C, peralatan rumah tangga, furnitur dan department store, kecantikan dan perawatan pribadi, bahan dekorasi, aksesori dan perlengkapan mobil/motor, dan lain-lain.

Sedangkan Samanea mengoperasikan kategori yang lebih luas, termasuk bahan bangunan, perabotan rumah, kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, suku cadang mobil energi baru, fotovoltaik, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.