Kompas.com - 01/10/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, bersiap kembali melayani penerbangan komersial setelah terdampak pandemi Covid-19.

Enam kepala daerah di Jawa Tengah bagian barat dan selatan telah menyatakan komitmen untuk menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat melalui blocking seat atau pembelian kursi.

Ke enam kepala daerah tersebut yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen.

Skema pembelian kursi ini akan dibahas lebih lanjut antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing, dengan fasilitasi dari Kemenhub.

Saat memimpin rapat, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi kepada para kepala daerah yang kompak akan mengupayakan block seat.

"Ini artinya ada jaminan tingkat keterisian penumpang pesawat dan memberikan kepastian adanya penerbangan di bandara ini," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub, Jumat (30/09/2022).

Baca juga: Sabet Penghargaan Bergengsi Aga Khan Award 2022, Ini Daya Tarik Bandara Internasional Banyuwangi

Menurut dia, upaya memberikan jaminan block seat ini dilakukan sebagai upaya awal agar penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman dapat segera beroperasi kembali setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Kita harapkan block seat ini tidak berlangsung lama dan setelah itu menjadi penerbangan yang biasa," tuturnya.

Ditargetkan mulai Oktober 2022, semua pihak baik pemda, operator penerbangan, serta operator bandara, sepakat berkomitmen menyelenggarakan tiga penerbangan dalam satu minggu sebagai permulaan.

"Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai, untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini," katanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.