Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akui Bangun Tol Serpong-Balaraja Terbilang Lambat

Kompas.com - 30/09/2022, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) diakui termasuk lambat dibandingkan dengan ruas tol lainnya.

Padahal, biasanya, konstruksi jalan tol akan selesai dan dioperasikan dua tahun setelah penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dilaksanakan.

Asal tahu saja, penandatanganan PPJT Tol Serbaraja telah dilaksanakan sejak 9 Juni 2016 silam.

Plh Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan hal ini dalam Focus Group Discussion (FGD), Jumat (30/9/2022).

"Memang, tiap-tiap wilayah atau tiap-tiap ruas-ruas jalan tol permasalahannya beda-beda. Ada juga yang mengalami masalah terkait pembebasan lahan," terang Nurdin.

Nurdin mengakui, pembangunan jalan bebas hambatan berbayar sepanjang 39,5 kilometer ini juga tak lepas dari banyak masalah di lapangan.

Baca juga: Dalam Waktu Dekat, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Resmi Bertarif

"Tetapi, Alhamdulillah, bisa diselesaikan dan kita berharap seksi-seksi yang lain, Seksi 2 dan seterusnya ini sampai ke Balaraja bisa segera diselesaikan," imbuhnya.

Nurdin berharap, kehadiran Tol Serbaraja nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan wilayah dan juga mengembangkan perekonomian di wilayah sekitar.

Sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Serbaraja Seksi 1A (Serpong-Simpang Susun (BSD) bersamaan dengan Tol Cibitung-Cilincing, 19 September 2022 silam.

Dalam waktu dekat juga akan dikenakan tarif atas jalan tol tersebut usai masa sosialisasi berakhir.

Tol Serbaraja nantinya diharapkan dapat meningkatkan konektivitas menuju Merak dan Lampung yang rencananya akan terhubung dengan Tol Tangerang-Merak.

Selain itu, jalan tol ini akan menjadi akses penting dalam mendukung kebutuhan logistik kawasan industri di Tangerang hingga Serang dan Cilegon.

Nantinya, Tol Serbaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah jalan tol lainnya yaitu Tol Serpong-Ulujami yang terkoneksi dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com