Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu Dekat, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Resmi Bertarif

Kompas.com - 30/09/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-Simpang Susun BSD) akan ditetapkan tarif.

Informasi tersebut disampaikan oleh Plh Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin dalam Focus Group Discussion (FGD), Jumat (30/9/2022).

"SK (Surat Keputusan) Menteri-nya sudah dikeluarkan, sudah ditandatangani Pak Menteri kita, Bapak Basuki (Menteri PUPR)," ujar Nurdin.

Penetapan tarif yang dimaksud Nurdin ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1115/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Baca juga: Trase Awal Tol Serpong-Balaraja Resmi Beroperasi, Sisanya Kapan?

Lalu, Kepmen PUPR Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Berikut besaran tarifnya:

  • Golongan I: Rp 5.500
  • Golongan II: Rp 8.500
  • Golongan III: Rp 11.000
  • Golongan IV: Rp 11.000

Sebelumya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A bersamaan dengan Tol Cibitung-Cilincing, Selasa (20/9/2022).

Presiden berharap, peresmian dua ruas tol ini dapat membantu mempermudah distribusi produk hasil industri dan membantu mengurai kemacetan di Provinsi DKI Jakarta.

Untuk ruas Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, Jokowi menyebutkan merupakan bagian dari ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORRR) III untuk pembangunan tahap awal.

Jokowi menyebutkan, apabila ruas Tol JORR 2 dan Tol JORR 3 sudah selesai secara keseluruhan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Kalau JORR 2 dan JORR 3 selesai dari barat ke timur, timur ke barat tidak perlu lalu melalui tengah Jakarta. Sehingga bisa mengurangi kemacetan di DKI Jakarta," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com