Kompas.com - 30/09/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-Simpang Susun BSD) akan ditetapkan tarif.

Informasi tersebut disampaikan oleh Plh Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin dalam Focus Group Discussion (FGD), Jumat (30/9/2022).

"SK (Surat Keputusan) Menteri-nya sudah dikeluarkan, sudah ditandatangani Pak Menteri kita, Bapak Basuki (Menteri PUPR)," ujar Nurdin.

Penetapan tarif yang dimaksud Nurdin ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1115/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Baca juga: Trase Awal Tol Serpong-Balaraja Resmi Beroperasi, Sisanya Kapan?

Lalu, Kepmen PUPR Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-SS BSD).

Berikut besaran tarifnya:

  • Golongan I: Rp 5.500
  • Golongan II: Rp 8.500
  • Golongan III: Rp 11.000
  • Golongan IV: Rp 11.000

Sebelumya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A bersamaan dengan Tol Cibitung-Cilincing, Selasa (20/9/2022).

Presiden berharap, peresmian dua ruas tol ini dapat membantu mempermudah distribusi produk hasil industri dan membantu mengurai kemacetan di Provinsi DKI Jakarta.

Untuk ruas Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, Jokowi menyebutkan merupakan bagian dari ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORRR) III untuk pembangunan tahap awal.

Jokowi menyebutkan, apabila ruas Tol JORR 2 dan Tol JORR 3 sudah selesai secara keseluruhan dapat mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Kalau JORR 2 dan JORR 3 selesai dari barat ke timur, timur ke barat tidak perlu lalu melalui tengah Jakarta. Sehingga bisa mengurangi kemacetan di DKI Jakarta," tandas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.