Bersiap Sambut Tamu KTT G20, Ini Fasilitas Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Kompas.com - 29/09/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai hampir selesai. Progresnya kini telah mencapai 99,96 persen, dan tinggal finishing interior.

Infrastruktur ini nantinya akan mempermudah akses tamu KTT G20 setibanya di Indonesia, khususnya Bali.

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan di atas lahan PT Angkasa Pura I seluas 5.670 meter persegi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger', akan dibuat lebih ramah lingkungan.

"Melalui kegiatan pembenahan infrastruktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (29/09/2022).

Baca juga: Kelar Revitalisasi, Terminal VVIP Lanud Halim Perdanakusuma Siap Sambut Tamu G20

Fasilitas terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.Dok. Kementerian PUPR Fasilitas terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.
Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Boby Ali Azhari memastikan, seluruh pekerjaan tuntas pada akhir September 2022.

"Saat ini hanya tinggal menyelesaikan tahap akhir (finishing) interior," ungkap Boby.

Adapun pekerjaan pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya sejak 14 Maret 2022 dengan anggaran sebesar Rp 50,9 miliar.

Fasilitas terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.Dok. Kementerian PUPR Fasilitas terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.
Ruang lingkup pekerjaannya terdiri dari Bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ground water tank dan ruang pompa, pagar keliling dan gerbang, penataan lansekap, area drop off, area drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi dan dirancang lebih luas dibanding bangunan eksisting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.