Perhatian, Pelaksanaan Program Padat Karya Infrastruktur Tidak Dipungut Biaya!

Kompas.com - 29/09/2022, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya terus melanjutkan program padat karya atau Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

Program IBM adalah pelibatan sumber daya manusia (SDM) dalam pembangunan infrastruktur yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dengan pekerjaan tidak tetap.

Terkait hal ini, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah Cakra Nagara menegaskan, pelaksanaan kegiatan IBM tidak dipungut biaya.

"Dalam rangka pengendalian kebocoran anggaran IBM, kami melakukan kampanye agar tidak terjadi pungli di masyarakat dengan memasang poster-poster bertuliskan Kegiatan IBM Cipta Karya Tidak Dipungut Biaya di seluruh wilayah kerja," tegas Cakra, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (29/9/2022).

Sebagai upaya pengendalian kebocoran anggaran IBM, masyarakat juga bisa melaporkan keluhannya terkait pelaksanaan program dengan menyertakan bukti ke nomor 0813-9000-9915 atau dapat mengakses tautan https://Form_Keluhan_IBM.

Baca juga: Padat Karya Tunai Bedah Rumah Butuh 379.797 Pekerja, Ini Rinciannya

Sementara pada tahun 2022, anggaran yang disalurkan untuk infrastruktur bidang permukiman Jawa Tengah di 694 lokasi adalah Rp 285,7 miliar.

Secara nasional, alokasi anggaran IBM permukiman tahun 2022 adalah Rp 2,11 triliun dengan target membuka lapangan pekerjaan baru untuk 60.466 tenaga kerja.

Cakra menambahkan, IBM permukiman di Jawa Tengah tahun 2022 diproyeksikan bisa menyerap sebanyak 5.152 tenaga kerja atau setara 288.889 Hari Orang Kerja (HOK).

"Saat ini realisasi fisik padat karya bidang permukiman di Jawa Tengah yang sudah dilaksanakan secara fisik 34,75 persen dengan penyerapan keuangan 68,16 persen senilai Rp 194,7 miliar," papar Cakra.

Bahkan saat ini sudah berhasil terealisasi sebanyak 9.198 tenaga kerja atau lebih besar dari target awal.

Baca juga: Selama Dua Tahun, Ada 2,1 Juta Orang Dapat Kerja Lewat Padat Karya Tunai

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.