Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Sekolah Green Building di Jakarta Diresmikan, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 28/09/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan empat Sekolah Net Zero Carbon dan green building pada Rabu (28/9/2022).

Keempat sekolah tersebut meliputi SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur; SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan; SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan; dan SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat.

Bangunan sekolah diklaim lebih hemat energi saat beroperasi karena sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

Melansir laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemprov DKI Jakarta, pengadaan ini bekerja sama dengan Green Building Council (GBC) Indonesia.

Dalam hal ini GBC Indonesia membantu melakukan simulasi dan analisasi terkait desain pasif untuk mengetahui kemampuan gedung dalam mengurangi penggunaan energi.

Baca juga: Layout Istana Kutai Kartanegara Bisa Jadi Inspirasi Green Building IKN Nusantara

Misalnya lewat simulasi aliran udara yang dapat membantu memprediksi arah dan kecepatan datangnya angin secara umum.

Lewat simulasi tersebut, para perancang dapat menentukan posisi bukaan untuk memaksimalkan ventilasi alami.

Kemudian ada simulasi radiasi matahari untuk membantu mengidentifikasi selubung bangunan yang terkena paparan panas matahari dan memengaruhi suhu dalam ruangan, sehingga penggunaan AC dapat diminimalisasi.

Selain itu, pencahayaan alami merupakan hal yang sangat penting di sekolah karena memengaruhi performa belajar anak.

Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam penerangan atau lampu, maka cahaya matahari alami harus dimanfaatkan dengan tetap memerhatikan kenyamanan termal dalam ruang.

Baca juga: Industri Konstruksi Indonesia Belum Siap Dukung Konsep Green Building

Oleh karena itu, keempat tadi mendapatkan Sertifikat Greenship Net Zero Healthy dari GBC Indonesia yang diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah bahwa hari ini kita di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang mengusung konsep green building dan net zero emissions," ucap Anies.

Anies berharap pilot project ini akan menjadi media edukasi langsung untuk anak-anak, sehingga memiliki gambaran terkait bangunan ramah lingkungan.

Ke depannya, rehabilitasi bangunan sekolah negeri di Jakarta secara keseluruhan mengarah ke konsep green building.

Mulai dari transisi energi dengan solar panel, penggunaan lampu hemat energi, hingga pengelolaan air limbah.

"Kita berharap, pembangunan Sekolah Net Zero Carbon ini juga dapat mendorong Jakarta mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon pada tahun 2050," tutup Anies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com