Empat Sekolah Green Building di Jakarta Diresmikan, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 28/09/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan empat Sekolah Net Zero Carbon dan green building pada Rabu (28/9/2022).

Keempat sekolah tersebut meliputi SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur; SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan; SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan; dan SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat.

Bangunan sekolah diklaim lebih hemat energi saat beroperasi karena sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

Melansir laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemprov DKI Jakarta, pengadaan ini bekerja sama dengan Green Building Council (GBC) Indonesia.

Dalam hal ini GBC Indonesia membantu melakukan simulasi dan analisasi terkait desain pasif untuk mengetahui kemampuan gedung dalam mengurangi penggunaan energi.

Baca juga: Layout Istana Kutai Kartanegara Bisa Jadi Inspirasi Green Building IKN Nusantara

Misalnya lewat simulasi aliran udara yang dapat membantu memprediksi arah dan kecepatan datangnya angin secara umum.

Lewat simulasi tersebut, para perancang dapat menentukan posisi bukaan untuk memaksimalkan ventilasi alami.

Kemudian ada simulasi radiasi matahari untuk membantu mengidentifikasi selubung bangunan yang terkena paparan panas matahari dan memengaruhi suhu dalam ruangan, sehingga penggunaan AC dapat diminimalisir.

Selain itu, pencahayaan alami merupakan hal yang sangat penting di sekolah karena memengaruhi performa belajar anak.

Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam penerangan atau lampu, maka cahaya matahari alami harus dimanfaatkan dengan tetap memerhatikan kenyamanan termal dalam ruang.

Baca juga: Industri Konstruksi Indonesia Belum Siap Dukung Konsep Green Building

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.