Kompas.com - 28/09/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah membangun sistem saringan sampah badan air di perbatasan Jakarta.

Proyek ini merupakan upaya penanggulangan permasalahan sampah dan banjir secara simultan di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap proyek ini bisa rampung sebelum akhir tahun 2022, bersamaan dengan kedatangan musim hujan.

"Ini adalah proyek pertama kali dan bahkan pertama kali di Indonesia ada penyaringan seperti ini," ucap Anies, mengutip laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Apabila proyek bisa memberikan hasil yang baik, harapannya bisa menjadi contoh pengembangan sistem saringan sampah badan air di wilayah lain.

Baca juga: Ada Kolam Retensi Andir, Daerah Genangan Banjir di Bandung Berkurang

Sementara itu, berikut sejumlah fakta proyek sistem saringan sampah badan air di perbatasan Jakarta:

Latar belakang

Pembangunan ini dilatarbelakangi adanya penekanan volume sampah yang terkonsentrasi di satu titik penanganan yakni Pintu Air Manggarai.

Oleh karena itu dibutuhkan penanganan di titik lain untuk meminimalisir efek bendung yang bisa mengakibatkan banjir.

Selain itu, keterbatasan ruang di Pintu Air Manggarai yang menyulitkan penambahan alat berat untuk percepatan penanganan sampah di badan Kali Ciliwung juga berpengaruh.

Karenanya dibutuhkan pemindahan fungsi penanganan sampah dari Pintu Air Manggarai ke perbatasan Jakarta untuk meringankan beban kerja penanganan sampah di sana.

Baca juga: TPA Sampah Karimunjawa Kelar Dibangun, Begini Kemampuannya

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.