Resmi Dimulai, Pembangunan Pasca-bencana Kawasan Huntap Talise di Palu

Kompas.com - 27/09/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR memulai pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Hunian Tetap (Huntap) Talise di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal tersebut ditandai Groundbreaking oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti yang diwakili Kasubdit Wilayah 3 (Sulawesi-Papua-Maluku) Ditjen Cipta Karya Herman Tobo pada Senin (26/09/2022).

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti dalam sambutannya yang dibacakan Kasubdit Wilayah 3 Ditjen Cipta Karya Herman Tobo mengatakan, pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Liquefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kementerian PUPR berkolaborasi dalam membangun Huntap relokasi dan infrastruktur permukimannya dalam tiga kategori, yaitu skala besar (kawasan), satelit, dan mandiri.

"Huntap relokasi dibangun sebagai sebuah kawasan permukiman baru dengan kelengkapan infrastruktur permukimannya," ujar Diana dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Resmi, Pembangunan 712 Huntap di Sulteng Segera Dimulai

Pembangunan kawasan Huntap Talise dilaksanakan secara kolaboratif antar balai-balai PUPR dan Pemerintah Daerah yang melaksanakan penyediaan lahan, perizinan, dan operasional serta pemeliharaan.

Untuk Ditjen Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng melaksanakan pembangunan infrastruktur di dalam kawasan permukiman.

Sedangkan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi II melaksanakan pembangunan unit huntap.

Lalu, pembangunan jalan dan akses menuju kawasan Huntap dilaksanakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu.

"Dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III melaksanakan pembangunan sumber air bakunya, serta BP2JK dalam penyediaan jasa konstruksi," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.