Bupati Lamongan Optimistis Target 58.000 PTSL Terpenuhi Tahun Ini

Kompas.com - 26/09/2022, 21:30 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional 2022, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamongan optimistis target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 58.000 bidang, terpenuhi tahun ini.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak seluruh pemangku kepentingan di tingkat kabupaten untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi bangsa dan negara.

Termasuk, merealisasikan target pendaftaran tanah di seluruh Indonesia sampai saat ini telah mencapai 81,6 juta bidang atau setara 64,7 persen dari penuntasan pada 2025.

Baca juga: Bantu Sukseskan PTSL di Gresik, UMG Dapat Apresiasi Raja Juli Antoni

"Saya mengingatkan, pentingnya mengejar target PTSL. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan, sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah dikemudian hari," ujar Yuhronur, Senin (26/9/2022).

Target redistribusi tanah tahun ini di seluruh Indonesia sebanyak 424.510 bidang dan harus menjadi perhatian khusus untuk segera diselesaikan.

Sementara terkait mafia tanah, Yuhronur mengajak empat pilar Kementerian ATR/BPN, Pemda, aparat penegak hukum dan badan peradilan, untuk bersinergi.

"Semoga dengan momentum Hantaru kali ini, bisa kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta,” ucap Yuhronur.


Optimisme serupa dilontarkan Kepala BPN Lamongan Eko Jauhari. Dia yakin mampu memenuhi target PTSL yang dibebankan untuk tahun 2022 secara tepat waktu.

"Alhamdulillah tahun 2022 PTSL di Lamongan itu ada 58.000. Ini memang mengikuti dari kesediaan anggaran pemerintah pusat, yang mana sebelumnya tahun 2021 itu sebanyak 118.000," kata Eko.

"Nah, mungkin dengan 58.000 ini akan lebih sukses lagi, karena volumenya lebih sedikit. Untuk saat ini, sudah terkumpul semua sekitar 48.000, yang sudah terbit untuk saat ini sudah 6.800. Semoga pas nanti Desember, kita bisa tuntaskan semua,” sambung Eko.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.