Kompas.com - 26/09/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah mengembangkan sebuah aplikasi untuk mempercepat pendataan rumah rusak akibat bencana.

Aplikasi tersebut bernama Rumah Terdampak Bencana (Rutena), dikembangkan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Mengingat Indonesia merupakan kawasan yang memiliki potensi bencana yang cukup lengkap di dunia. Karena berada di jalur ring of fire.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, aplikasi Rutena dikembangkan pendataan rumah terdampak bencana bisa secara cepat dan sesuai dengan kriteria-kriteria teknis penilaian kerusakan bangunan.

"Aplikasi ini akan digunakan bersama oleh BPBD, dinas perumahan dan Balai-balai Pelaksana Penyediaan Perumahan di lapangan pada saat terjadi bencana," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Senin (26/09/2022).

Baca juga: Rusus Warga Terdampak Badai Seroja Gunakan RISHA, Apa Itu?

Pemanfaatan aplikasi Rutena oleh jajaran Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas-dinas yang menangani perumahan dan BPBD di wilayah kerja masing-masing.

"Kami ingin agar semuanya dipersiapkan sebagai langkah antisipasi khususnya penyediaan hunian pasca bencana agar tidak berlarut-larut dan cepat dihuni," katanya.

Berdasarkan Undang-Undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, penanganan kerusakan rumah masyarakat terdampak bencana menjadi tanggung jawab pemerintah sesuai dengan pembagian masing-masing kewenangannya.

Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berperan serta dalam upaya-upaya mitigasi, tanggap darurat, dan rekonstruksi pasca bencana.

Sedangkan di bidang perumahan dan kawasan permukiman, upaya mitigasi bencana yang dilakukan Kementerian PUPR melalui kegiatan-kegiatan penataan kawasan, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, serta sosialisasi rumah tahan gempa.

Baca juga: 300 Huntap Warga Terdampak Badai Seroja Bisa Dihuni, Fasilitas Lengkap

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.