Kompas.com - 26/09/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya telah selesai dibangun Kementerian PUPR.

Asrama ini merupakan hunian bersama bagi mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyampaikan, AMN Surabaya dapat menampung 532 mahasiswa.

Selain itu, ditargetkan dapat menampung 40 persen mahasiswa asli Papua yang berkuliah di Jawa Timur. Atau sekitar 213 mahasiswa.

"Saat ini AMN Surabaya dikelola oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan sudah dihuni oleh sekitar 260 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya," ujar Diana dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (26/09/2022).

Baca juga: Diresmikan Oktober, Intip Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

AMN Surabaya dibangun dengan memanfaatkan lahan milik Pemprov Jawa Timur seluas 9.975 meter persegi, berlokasi tepat di sebelah gedung arsip Pemprov Jawa Timur.

Pembangunannya sejak September 2021 dan telah selesai 100 persen pada Mei 2022.

Dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) Tbk dan PT Parigraha Konsultan selaku Konsultan Manajemen dengan nilai kontrak Rp 86,7 miliar.

"Selain sebagai hunian bagi mahasiswa penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya didukung oleh Badan Intelijen Negara (BIN)," imbuh Diana.

Bangunan AMN Surabaya terdiri dari 2 tower setinggi 5 lantai dengan mengadopsi konsep arsitektur tropis yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Kendari Enggak Perlu Kos karena Ada Rusun Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.