Pemerintah Sepakati Hasil Verifikasi Lahan Sawah Dilindungi di Sumut dan Riau

Kompas.com - 26/09/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menyepakati hasil verifikasi serta klarifikasi Lahan Sawah Dilindungi (LSD) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Riau.

Hal itu ditandai penandatanganan Berita Acara dan Peta LSD Indikatif dengan luas lahan yang disepakati bersama dipertahankan.

Antara Kementerian ATR/BPN bersama Pemerintah Daerah (Pemda) terkait saat Rapat Penyepakatan Hasil Verifikasi dan Klarifikasi Data Lahan Sawah di Sumut serta Riau.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (Dirjen PPTR) Budi Situmorang mengatakan, Indonesia diprediksi akan menghadapi tiga krisis global pada 2023. Yaitu krisis ekonomi global, pangan, dan energi.

"Salah satunya kita sudah masuk kepada krisis pangan," ujarnya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (26/09/2022).

Selaku Ketua Tim Pelaksana Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah, dia menyampaikan bakal ada pemberian insentif kepada Pemda untuk menahan alih fungsi lahan sawah.

Baca juga: BPN Tak Akan Terbitkan Sertifikat LSD yang Dikuasai Pengembang

Sumut merupakan urutan kedua dari 12 provinsi yang sudah selesai diverifikasi dan klarifikasi Peta LSD, di mana sebelumnya adalah Pekanbaru.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara, Askani melaporkan bahwa Sumatera khususnya Sumut merupakan salah satu dari pulau tersubur dan merupakan kawasan lumbung pangan atau food estate.

"Sumatra Utara yang saya tahu adalah lumbung pangan. Jadi lumbung pangan mungkin pasokannya sampai ke luar Sumatra Utara, dan saya berharap supaya lahan sawah ini harus berkelanjutan dan dipertahankan," jelasnya.

Sementara itu, Provinsi Riau adalah daerah pertama di 12 Provinsi yang telah menuntaskan pemutakhiran data lahan sawah yang akan ditetapkan, yang berlangsung pada 20 September 2022.

Baca juga: Tak Sesuai Rencana Tata Ruang, Peta Lahan Sawah Dilindungi Direvisi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.