Tembok Batavia Tak Bisa Dipindah, Terowongan Menuju Stasiun Kota Terpaksa Dibelokkan

Kompas.com - 22/09/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan membelokkan tunnel (terowongan) kereta MRT Jakarta yang mengarah ke Stasiun Kota pada pembangunan CP203 (Stasiun Kota-Stasiun Glodok).

Bukan tanpa sebab dilakukan pembelokkan terowongan, melainkan ditemukannya Tembok Batavia di kawasan Kota, Jakarta Barat.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim mengungkapkan, pihaknya tetap melestarikan setiap temuan objek cagar budaya (OCB) maupun objek diduga cagar budaya (ODCB).

Menurut dia, pelestarian Tembok Batavia dengan cara in-situ atau tidak bisa disentuh dan hanya dibiarkan begitu saja.

Baca juga: Begini Cara MRT Jakarta Lestarikan Temuan Cagar Budaya di Lokasi Kerja

"In-situ artinya benar-benar kami enggak touch (sentuh), di bawah. Dibiarkan saja di situ, karena it's too precious (ini terlalu berharga)," ungkap Silvia dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Dia mengungkapkan, pihaknya tak bisa memindahkan atau mengangkat tembok tersebut dan terpaksa membelokkan terowongan.

"Kami temukan di Kota, Tembok Batavia. Tembok Batavia ini kami sudah mencoba negosiasi, boleh enggak misal dipindah? Enggak bisa, so fine (baik), kami harus terima. Artinya apa? tunnel kami belokkan," sambung dia.

Lain halnya dengan ex-situ yang bisa dilakukan pemindahan atau mengambil satu per satu bata per bata contohnya jalur trem, saluran air kuno, maupun artefak.

Untuk diketahui, temuan yang penanganannya termasuk ex-situ tersebut akan dipamerkan di Visitor Center Gallery MRT yang terletak di Stasiun MRT Jakarta Kota.

Selain sebagai tempat memamerkan artefak, lokasi tersebut juga bakal menyediakan informasi seputar MRT.

Adapun sejauh ini, progres pembangunan CP203 secara keseluruhan telah mencapai 16,1 persen per 15 September 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.