Kompas.com - 21/09/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan Kompleks Pasar Baru, Jakarta Pusat sebagai Kawasan Cagar Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, penetapan ini dilakukan setelah melalui proses kajian yang dilakukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta dan ditetapkan melalui Keputusan Gubernur.

"Penetapan Kompleks Pasar Baru sebagai Situs Cagar Budaya dikarenakan bangunan di kawasan ini memiliki struktur cagar budaya yang menyimpan informasi mengenai kegiatan manusia pada masa lalu. Sehingga keberadaannya perlu dilestarikan dan dilindungi," ujar Iwan, mengutip laman resmi Pemprov DKI Jakarta.

Kompleks Jalan Pasar Baru merupakan kawasan perdagangan yang telah berdiri sejak tahun 1820.

Di dalam Kompleks Jalan Pasar Baru terdapat beberapa bangunan dan struktur yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya sebelumnya.

Baca juga: Ada Dua Temuan Diduga Cagar Budaya dalam Proyek MRT Fase 2A, Apa Itu?

Pemerhati pelestarian ruang kota dan arsitektur Aditya Wirawan Fitrianto mengatakan, Pasar Baru merupakan outdoor shopping street yang bahkan lebih tua dari kawasan Jalan Sabang.

Melansir laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (1/8/2022), pada zaman VOC Pasar Baru dikenal dengan ejaan Pasar Baroe atau De Nieuwe Markt.

Keberadaan Pasar Baru berkaitan dengan pindahnya ibu kota kolonial ke Weltervreden atau sekitar wilayah Gambir, Lapangan Banteng dan Istana Merdeka.

Gerbang Pasar Baru di Jakarta PusatKompas.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Gerbang Pasar Baru di Jakarta Pusat
Adapun perpindahan kota kolonial tersebut mencakup pusat administrasi, pemerintahan, transaksi bisnis, hingga militer.

Pada masa itu, Pasar Baru dikenal sebagai pusat perbelanjaan bergengsi orang Eropa karena lokasinya yang dekat dengan kawasan elit Rijswijk atau sekarang adalah Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Arkeolog Minta Pengelolaan Benteng Pendem Ngawi Memperhatikan Sisi Cagar Budaya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.