Kompas.com - 21/09/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral unggahan video di media sosial Instagram oleh pemilik akun @explorekereta soal aturan baru penggunaan eskalator di Stasiun Bekasi pada Rabu (31/8/2022).

Video tersebut menampilkan situasi pengguna eskalator di Stasiun Bekasi dengan latar belakang suara petugas yang mengimbau pengguna untuk tidak berjalan di eskalator.

"Yang terburu-buru Anda bisa menggunakan tangga manual. Eskalator hanya untuk berdiam, eskalator hanya untuk berdiam saja," ucap petugas yang tidak tampil di video.

Berbagai tanggapan dari warganet meramaikan kolom komentar, baik dari sisi pro maupun kontra.

"Lha, aturan adanya ekskalator kan untuk mempercepat waktu, udh bener yg kmrn kmrn, kalau diem sebelah kiri, yg buru buru jalan aja sebelah kanan. HERAN," tulis pemilik akun @toriqparinggie yang kontra terhadap imbauan baru tersebut.

Baca juga: Ada Akses Baru Masuk-Ke Luar Stasiun Bekasi, Cek di Sini

Tetapi muncul pula dukungan dari warganet yang merasa pro dengan imbauan untuk tidak berjalan di eskalator dengan alasan menjaga keselamatan dan masa pakai eksalator.

"Setau gw juga eskalator itu ada batasan beban juga. Dan hentakan kaki orang berjala di eskalator itu akan memimiliki beban yg lebih berat disertai hentakan dibandingkan org yg sama cuma diam aja. Ada poten eskalator rusak dan bisa bahaya kalo dol," papar @panjiagung23.

"Betul setuju dengan begini kita telah membantu memelihara eskalator, krn memang bukan peruntukannya dibuat jalan, sama seperti didlm lift kita gk boleh banyak gerakan hentakan." kata @ackurniawan354 yang juga pro terhadap imbauan petugas.

Lantas, manakah aturan yang benar?

Terkait hal ini, Dewan Pertimbangan yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta mengatakan, aturan sisi kiri untuk diam dan sisi kanan untuk mendahului dibuat supaya lebih tertib.

Baca juga: Apa Saja Fasilitas di Stasiun Kereta Api? Berikut Selengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.