Kompas.com - 20/09/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengalami kenaikan jumlah penumpang seiring naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sebagai informasi, harga BBM mengalami kenaikan pada 3 September 2022, tepat pukul 14.30 WIB silam.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan, rata-rata kenaikan penumpang harian mencapai 3,8 persen.

“Jika dibandingkan, rata-rata pengguna MRT per hari sebelum kenaikan BBM adalah 61.104 orang. Sedangkan setelah kenaikan BBM adalah 63.339 (orang),” ujarnya dalam Forum Jurnalis MRT di Jakarta, Selasa (20/9/2024).

Baca juga: BBM Naik, Penjualan Rumah Subsidi di Cibitung Justru Meroket

Effendi menambahkan, kenaikan penumpang MRT tertinggi terjadi pada hari kerja atau sebesar 8,5 persen setelah harga BBM naik.

Sebelum harga BBM naik, jumlah penumpang MRT Jakarta tercatat sebanyak 66.712 orang. Sementara setelahnya, mencapai 72.947 orang.

Meski tak sebanyak pada hari kerja, penumpang MRT selama akhir pekan juga mengalami kenaikan dengan persentase 4 persen.

Setelah BBM naik harganya, penumpang MRT Jakarta tembus 44.123 orang. Sedangkan sebelumnya hanya 42.417 penumpang.

Sementara jumlah penumpang terbanyak dalam beberapa bulan terakhir terjadi pada 14 September 2022.

"Pada 14 September 2022, ada 76.883 penumpang," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.