Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Diminta Percepat Ganti Rugi kepada Korban Kecelakaan Maut Tol Pejagan-Pemalang

Kompas.com - 19/09/2022, 18:19 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) selaku pengelola Jalan Tol Pejagan-Pemalang meminta percepatan pemberian ganti rugi atas kecelakaan beruntun di di KM 253+00 Jalur A, Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 14.15 WIB.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (19/9/2022).

“Kami atas nama Kementerian PUPR meminta PPTR untuk mempercepat penggantian kerugian material dan immaterial sesuai haknya,” tegas Hedy.

Sejauh ini, Kementerian PUPR memberikan dukungan penuh kepada Kepolisian Jawa Tengah (Jateng) yang sedang melakukan investigasi lebih lanjut, baik peyebab dan kronologi kecelakaan tersebut.

“Tim kami juga berada di lokasi khususnya mengenai masalah-masalah prasarana dan situasi saat itu terjadi untuk dilakukan evaluasi,” lanjutnya.

Baca juga: Pasca-kecelakaan Maut, Pengelola Tol Pejagan-Pemalang Larang Pembakaran Sawah

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Pejagan (Brebes)-Pemalang, Jawa Tengah, tepatnya di KM 253+00 Jalur A, Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 14.15 WIB.

PPTR selaku pengelola tol tersebut melaporkan, satu orang tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan itu.

Kecelakaan melibatkan tujuh kendaraan pribadi dan satu truk boks yang melintas dari arah barat atau Jakarta menuju Semarang.

Kejadian diduga lantaran asap pembahakaran lahan persawahan yang berdekatan dengan jalan tol membuat pandangan sejumlah pengendara terganggu.

Sehingga, jarak pandang berkurang dan terpaksa mengerem mendadak dan beberapa mobil pribadi tertabrak truk dari arah belakang.

Sementara kendaran lainnya yang mencoba menghindar justru menabrak pembatas jalan.

“Jarak pandang 200 meter akibat asap pembakaran lahan oleh warga samping tol," kata Kepala Cabang PPTR Ian Dwinanto saat dikonfirmasi Minggu (19/9/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com