Kompas.com - 19/09/2022, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang mempersiapkan kemantapan Flyover Kopo di Kota Bandung sebelum dioperasikan secara penuh.

Secara struktur, flyover sepanjang 1,3 kilometer ini telah selesai 100 persen dan kini dalam tahap Uji Laik Fungsi (ULF) sebelum beroperasi.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan selaku Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, setiap pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan seperti Flyover Kopo harus dilakukan uji laik fungsi sebelum secara resmi dibuka umum.

Tujuannya untuk memastikan kelaikan dan keamanan konstruksi jalan layang saat dilintasi pengendara.

Setelah dinyatakan aman dan sudah dirapihkan semuanya, baru dilakukan uji coba lalu lintas, termasuk kelengkapan marka dan rambu-rambunya.

"Saat ini tengah dilakukan sosialisasi ke masyarakat terkait rencana uji coba tersebut, yang akan dilakukan pada Rabu, 21 September 2022 pukul 24.00 WIB atau Kamis, 22 September 2022 pukul 00.00 WIB," ujar Endra dalam rilis pers, Senin (19/09/2022).

Baca juga: Intip Desain Ornamen Flyover Kopo, Ada Maung Bandung hingga Kujang

Menurut dia, selama uji coba secara terbatas terdapat beberapa ketentuan yang harus ditaati.

Flyover Kopo akan menjalani uji coba operasional pada 22 September.Dok. Kementerian PUPR Flyover Kopo akan menjalani uji coba operasional pada 22 September.
Di antaranya jenis kendaraan yang diizinkan ialah roda dua dan mobil penumpang, termasuk kendaraan berat dengan pembatasan.

Lalu tidak diperbolehkan berhenti dan parkir di atas jalan layang, menjaga kebersihan, dan ketertiban di area flyover.

Demi keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat selama masa uji coba, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat akan terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah dan Dinas Perhubungan Pemerintah setempat untuk pengaturan lalu lintasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.