Kompas.com - 16/09/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) disebut akan beroperasi dalam waktu dekat.

Sebagaimana dilansir laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (15/9/2022), sebentar lagi ada tiga ruas Tol Becakayu yang akan dioperasikan.

Meliputi On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan titik yang terkoneksi dari sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu.

Ketiga titik tersebut telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada Juli 2022 lalu. Jadi bakal beroperasi dalam waktu dekat.

Tol Becakayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 kilometer.

Baca juga: Ini Rincian Ruas Jaringan Jalan Tol IKN, 4 di Antaranya Kelar 2024

Jalan tol ini memiliki dua seksi, yaitu Seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer yang saat ini sudah beroperasi.

Selanjutnya Seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 kilometer dan Seksi 2a-Ujung Kayuringin-Margajaya, progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 100 persen.

Ruas tersebut juga ditargetkan selesai konstruksinya dan siap beroperasi menjelang akhir tahun 2022.

Sebelum adanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 2 jam.

Namun, kehadiran Tol Becakayu akan memangkas waktu tempuh dari Bekasi ke Kampung Melayu dan ditempuh menjadi lebih cepat hanya 30 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.