Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Tol Mamminasata Dicoret dari Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 02/09/2022, 20:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata) telah dikeluarkan dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) terbaru tahun 2022.

Yakni melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Lantas, mengapa Tol Mamminasata dicoret dari daftar PSN?

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI pada Rabu (31/08/2022) lalu.

Menurut dia, Tol Mamminasata dikeluarkan dari PSN karena ada arahan dari pimpinan terkait proyek yang tidak bisa selesai tahun 2024 untuk dicek kelayakannya.

"Ini kebetulan (Tol Mamminasata) kelayakannya belum memenuhi. Jadi problemnya itu kelayakan dan prioritas lahan," ujar Hedy dikutip dari siaran Youtube Komisi V DPR RI.

Baca juga: Tiga Proyek Tol Dicoret dari Daftar PSN Tahun 2022, Begini Profilnya

Oleh sebab itu, proyek yang terkoneksi dengan Tol Makassar-Maros itu tidak bisa selesai pada 2024 mendatang. Sehingga terpaksa dikeluarkan terlebih dahulu dari PSN.

"Untuk sementara ini kita keluarkan dulu dari PSN," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna.

"Jadi (Tol) Mamminasata ini karena PSN nya tidak mungkin selesai 2024, akhirnya di-take out (dari PSN)," ujarnya dalam RDP dengan Komisi V DPR RI pada Kamis (01/09/2022) lalu.

Oleh karena itu, saat ini proyek Tol Mamminasata tidak bisa dikerjakan. Karena proyek yang termasuk PSN mendapat fasilitas pengadaan tanah.

"Jadi ketika dikeluarkan kita sulit lagi nyari uang untuk pengadaan tanah, kalau KPBU nya masih bisa kita lakukan, tapi tanahnya tidak bisa," tandas Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com