Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wamen PU Meninggal Usai Kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 20/08/2022, 10:28 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum (PU) Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di Jalan Tol Pemalang-Batang pada Sabtu (20/08/2022) pukul 03.25 WIB.

Dalam rilis persnya, PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) selaku pengelola Tol Pemalang-Batang menyampaikan bahwa kecelakaan lalu lintas ganda di KM 341+400 B itu melibatkan 2 kendaraan.

Yaitu Minibus Kijang Innova bernomor polisi B 2739 UFZ yang dikemudikan oleh AS (sopir Hermanto Dardak), dan kendaraan Truk Hino Golongan III bermuatan tepung dengan nomor polisi K 1909 BH yang dikemudikan oleh S (31 tahun).

Diketahui jumlah korban ada 2 orang. 1 orang mengalami luka ringan dan 1 korban meninggal dunia di TKP. Adapun korban dilakukan penanganan lanjutan ke RS ARO Pekalongan. 

Kronologi kejadiannya, kendaraan Minibus Kijang Innova melaju dari arah Semarang menuju Jakarta dengan kecepatan kurang lebih 100 kilometer/jam di lajur 2 pada KM 341+400 B.

Baca juga: Profil Hermanto Dardak, Mantan Wamen PU yang Meninggal di Tol Pemalang-Batang

Di mana pengemudi Minibus Kijang Innova diduga mengantuk sehingga kehilangan konsentrasi dan menabrak bagian belakang Truk Hino yang sedang melaju di depannya. 

Ditemukan posisi terakhir kendaraan Minibus Kijang Innova menghadap ke arah Selatan di antara di lajur 1 dan lajur 2 normal di bahu jalan, dan arus lalu lintas dilaporkan landai lancar dengan cuaca cerah.

Secara teknis kondisi jalan baik tidak ada kerusakan pada perkerasan beton, alinyemen menikung kanan dan mendatar, jarak pandang normal tanpa gangguan.

Baca juga: BPJT Targetkan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Turun Jadi 1,09 Kejadian Per Km

PT PBTR langsung melakukan pengamanan TKP dan identifikasi. Selanjutnya, petugas ambulance melakukan pemeriksaan terhadap korban.

Serta dilakukan evakuasi pada kedua kendaraan oleh kendaraan derek yang dibawa ke Pool Gerbang Tol Pekalongan sebagai barang bukti. 

Saat ini, kelanjutan perkara telah diserahkan kepada Polda Jateng.

PT PBTR turut prihatin atas kejadian ini dan menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati ketika berkendara.

Selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan informasi keselamatan berkendara pada papan VMS, serta memperhatikan kondisi masing-masing pengendara agar berhenti rest area apabila mengantuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com