Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Hadirkan 2 Model Hunian Dekat Stasiun MRT, Sasarannya Kelas Menengah Jakarta

Kompas.com - 20/08/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginisasi hunian bagi kelas menengah bertajuk Alaspadu dan Rumapadu.

Pelaksanaannya akan dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui anak usahanya PT Integrasi Transit Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta dengan PT Rukita Bhinneka dan PT Cove Living Indonesia.

Hal ini diwujudkan penandatanganan dua perjanjian kerja sama tentang penyelenggaraan hunian terjangkau.

Penandatanganan ini dilaksanakan oleh Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud dan CEO Rukita Bhinneka Sabrina Soewatdy, serta Direktur Utama Cove Living Indonesia Rizky Kusumo.

Alaspadu dan Rumapadu mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah berpenghasilan Rp 7 juta-20 juta per bulan.

Selain itu juga diperuntukkan bagi mereka yang juga belum mampu memiliki hunian di pusat kota.

Ini juga merupakan bagian dari JAKHABITAT yang merupakan solusi penyediaan hunian di DKI Jakarta.

Baca juga: Intiland dan Mitbana Berkongsi, Kembangkan TOD 51 Hektar di Tangerang

Anies mengatakan, hunian kelas menengah ini disiapkan dengan pola kolaborasi dan diharapkan akan terus berkembang.

"Kemudian, mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan urban," ujar Anies dilansir laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Perlu diketahui, Alaspadu merupakan hunian sewa berkonsep co-living, sedangkan Rumapadu merupakan hunian kepemilikan (kelas apartemen).

Keduanya dihadirkan di kawasan berorientasi transit dengan jarak yang sangat dekat dengan Stasiun MRT dan moda transportasi publik lainnya.

Kerja sama tersebut telah menghasilkan 359 unit Alaspadu. Rinciannya, 106 unit siap huni dan 253 unit dalam tahap persiapan atau penjajakan kerja sama.

Hunian Alaspadu tersebar di sekitar tiga stasiun MRT Jakarta yaitu Rukita Kudus Menteng (54 unit) yang berjarak sekitar 550 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI.

Kemudian, Rukita Jack House Melawai (25 unit) yang berjarak 290 meter dari Stasiun Blok M BCA, dan COVE Sky Cipete (27 unit) yang berjarak 700 meter dari Stasiun Cipete Raya.

Sementara 320 unit Rumapadu yang dalam tahap pembangunan dan berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati, yang berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com