Kompas.com - 19/08/2022, 08:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Medan Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern tertua dan terkenal di Kota Medan. Tiga lagi adalah Citi Plaza, Olympia Plaza dan Istana Plaza.

Dibangun oleh Almarhum Djaja Tjandra pada 1984, fasilitas gedung enam lantai ini terlengkap pada zamannya. Pengunjungnya segala usia, juga yang isi kantong pas-pasan sampai orang kaya.

Pada 22 Agustus 2015, bangunan yang terletak di Jalan Iskandar Muda, Kota Medan, ini terbakar.

Puing-puing pasca-kebakaran masih teronggok, membentuk kuburan baru di atas tanah yang dulunya juga kuburan.

Baca juga: Buka Gerai Pertama di Medan, Foot Locker Gandeng Seniman Lokal

Namun tidak dengan para ahli waris. Bara masih menyala, Fansisca Ng mengajukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap PT Medan Plaza Centre (MPC). PKPU dengan Nomor Perkara 28/Pdt.Sus-PKPU/2022/PN Niaga Mdn dikabulkan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Pengadilan kemudian menunjuk hakim pengawas dari hakim Pengadilan Niaga pada PN Medan untuk mengawasi proses PKPU termohon dengan menunjuk dan mengangkat kurator: Irfan Surya Harahap, Novio Manurung, Yohan Made Ardo Sipayung dan Mehbob sebagai Tim Pengurus.

Tugas tim adalah memanggil Termohon PKPU dan Kreditor untuk menghadap dalam sidang yang diselenggarakan paling lambat 45 hari terhitung sejak Putusan PKPU Sementara diucapkan.

Jonson David Sibarani, kuasa hukum dari Suharto Alias Awie, ahli waris dari Djaja Tjandra menduga ada kecurangan di balik permohonan PKPU Sementara tersebut. Indikasinya tampak usai rapat lanjutan pada 16 Agustus 2022.

Pertama, Irfan Surya Harahap sempat menegur manajemen PT MPC karena tidak melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Faktanya, RUPSLB digelar namun tidak kuorum karena cuma Suharto selaku kreditur yang hadir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.