Kompas.com - 18/08/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jababeka Tbk melalui PT Jababeka Infrastruktur resmi menggandeng PT Mitsubishi Heavy Industries Indonesia dalam menyiapkan District Cooling System (DCS) atau fasilitas pendingin kawasan di Silicon Valley-nya Cikarang, Correctio.

Hal ini diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

Penandatanganan ini dilaksanakan oleh Managing Director Jababeka Infrastructure Agung Wicaksono dan President Director Mitsubishi Heavy Industries Shinji Kobayashi di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dalam sambutannya, Agung mengatakan, kerja sama ini menjadi visi Jababeka dalam menciptakan net-zero industrial cluster.

Sebab, kawasan Correctio nantinya akan mengoptimalkan konsep smart and green city (kota pintar nan hijau).

Baca juga: Gandeng Telkomsel, Jababeka Makin Mantap Kembangkan Sillicon Valley

"Oleh karenanya, visi ini perlu didung dengan kemitraan bersama Mitsubishi Heavy Industries yang dapay menyediakan fasilitas DCS," ujar Agung.

Menurutnya, Correctio tidak hanya akan menjadi pusat bisnis berbasis teknologi terbesar dan pertama di Indonesia, tetapi menjadi kawasan industri yang menunjang ekosistem hijau dan keberlanjutan.

Agung menuturkan, Jababeka juga akan mendorong para tenant (penyewa) dalam bekerja sama untuk  menuju industri 4.0 dengan energi bersih dan terbarukan.

Kemitraan dengan Mitsubishi Heavy Industries sejalan dengan visi pemerintah dalam menetapkan target net zero emission (NZE) atau nol emisi karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat.

"Di sisi lain, peluang yang bisa diperoleh Jababeka bersama para start-up (perusahaan rintisan) dan industri di Correction yaitu terciptanya lapangan kerja hijau dan dekarbonisasi sektor," tambah dia.

Sebelumnya, Jababeka juga menggandeng Telkomsel Enterprises dalam menyediakan layanan solusi manufaktur cerdas di Correctio.

Setidaknya, 1.800 perusahaan di kawasan Jababeka, termasuk di dalamnya Correctio, membutuhkan solusi untuk transformasi digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.