Kompas.com - 16/08/2022, 21:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com -Peluang China untuk melanjutkan pembangunan tiga mega proyek perkeretaapian di Filipina semakin besar.

Departemen Perhubungan (Dephan) Filipina menyampaikan Menteri Transportasi Filipina, Jaime J. Bautista dan Duta Besar China Huang Xilian sepakat untuk memulai kembali negosiasi untuk proyek-proyek transportasi besar di negara berjulukan Pearl of the Orient Seas.

Pertemuan resmi tersebut telah berlangsung di Kedutaan Besar China di Kota Makati, pada Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Gandeng China, Nepal Akan Bangun Jaringan Kereta Api Lintas Himalaya

“Kedua pejabat tersebut membahas dimulainya kembali pembicaraan untuk proyek-proyek kereta api besar yang didanai China seperti Proyek Jarak Jauh Selatan PNR (Kereta Api Komuter Utara-Selatan), Kereta Api Subic-Clark, dan Kereta Api Mindanao (Tagum-Davao-Digos),” ujar Departemen Perhubungan Filipina seperti dikutip dari Business World.

Sementara itu dalam pernyataan terpisah, Duta Besar China Huang Xilian berharap bahwa kerja sama China-Filipina di bidang infrastruktur dan perkeretaapian akan mencapai hasil yang lebih nyata dan membawa lebih banyak manfaat bagi Filipina di awal.

“China sudah mengabdikan diri untuk mempromosikan konektivitas negara-negara Asia Tenggara dan memperkenalkan teknologi mutakhir konstruksi kereta api dan manufaktur rolling stock,” kata Huang.

Presiden Ferdinand R. Marcos, Jr. bulan lalu mengarahkan Departemen Pertahananan untuk kembali ke meja perundingan demi mengamankan perjanjian pinjaman untuk tiga proyek perkeretaapian.

Padahal sebelumnya proses negosiasi mandek di tengah jalan karena pemerintah China dianggap tidak tanggap. 

Dikatakan, pada kesempatan tersebut Jaime dan Huang juga membicarakan proyek kerjasama maritim China-Filipina, khususnya komunikasi hotline dan kerjasama urusan hukum antara Penjaga Pantai Filipina dan Penjaga Pantai China.

Baca juga: Mengapa Banyak Batu di Rel Kereta Api?

Ada juga diskusi tentang kemungkinan kerjasama dalam keselamatan lalu lintas maritim, keselamatan feri, serta peningkatan kapasitas untuk tata kelola maritim, pengawasan keselamatan, dan inspeksi keselamatan kapal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.