Kompas.com - 16/08/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun bernama pusat perbelanjaan, tetapi fungsi mal bukan hanya sekadar sebagai tempat belanja.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja dalam Indonesia Retail Summit 2022, Selasa (16/8/2022).

"Mal itu fungsinya memberikan costumer journey dan experience kepada konsumen," jelas Alphonzus.

Artinya, mal bisa menjadi social connection hub atau tempat berkumpul masyarakat. Terlebih setelah hampir 3 tahun banyak kegiatan dilakukan secara virtual.

Mal yang hanya bisa menjadi tempat belanja akan dengan mudah tergantikan dengan toko online, apalagi yang terdapat di kota-kota besar.

Baca juga: Simak, Aturan PPKM Terbaru Masuk Mal, Bioskop, dan Hotel Se-Indonesia

Kondisi ini ditambah dengan perkiraan pada pasca-pandemi sekitar 20 persen konsumen tidak kembali lagi ke mal yang biasa mereka datangi.

Hal ini dikarenakan 20 persen konsumen tersebut memang datang ke mal hanya untuk belanja.

Sehingga selama pandemi, konsumen mencari toko online yang disukai dan memilih bertahan di sana ketimbang kembali belanja di mal saat pasca-pandemi.

"Itu yang jadi peluang bagi mal, manusia butuh tempat sosialisasi yakni di mal. Ini yang enggak bisa diberikan oleh toko online," tambah Alphonzus.

Selain itu, Alphonzus turut mengimbau pengelola mal untuk terus bergerak dan merespons perkembangan gaya hidup.

 Baca juga: Prediksi Konsultan: Ritel Non-Mal Bakal Menjamur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.