Kompas.com - 16/08/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kelayan Barat merupakan salah satu kawasan kumuh yang telah ditetapkan melalui SK Wali Kota Banjarmasin. Berada di sekitar Sungai Martapura.

Permasalahan utama kawasan tersebut antara lain keteraturan bangunan yang buruk dan terletak di bantaran sungai, belum optimalnya sistem sanitasi dan aksesibilitas. 

Penanganan dilakukan dengan pendekatan kolaboratif untuk mengurangi aspek kumuh di lokasi padat penduduk.

Dalam rangka mengubah wajah kawasan dan membangkitkan peluang ekonomi yang selaras dengan permukiman layak huni.

Potret Kawasan Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalsel.Dok. Kementerian PUPR Potret Kawasan Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalsel.
Di kawasan tersebut disalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal bedah rumah untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH).

Baca juga: Salah Satu Kawasan Kumuh di Surakarta Ditata, Intip Rancangannya

Peningkatan kualitas permukiman kumuh Kelayan Barat akan menciptakan lingkungan yang lebih baik, sekaligus menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kota Banjarmasin. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan Kelayan Barat ini merupakan contoh yang baik dari kolaborasi berbagai pihak.

Terutama antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin. 

"Tujuannya untuk mengubah kawasan kumuh ini supaya tidak kumuh lagi. Kami Kementerian PUPR membantu wali kota untuk menata kawasan, ini kolaborasi yang sangat bagus sekali," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (16/08/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.