Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini agar Dinding Putih di Rumah Terlihat Lebih Kinclong

Kompas.com - 14/08/2022, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Dinding yang dipulas dengan cat warna putih bisa membuat sebuah ruangan lebih besar, lebih cerah, dan lebih bersih.

Namun, dinding putih juga sangat mudah menjadi kotor, entah jika ada furnitur yang bergeser atau sidik jari dari anak-anak.

Terlebih bila Anda tinggal di tepi jalan raya dan sering membuka jendela. Debu yang beterbangan dari luar bisa mengotori dinding.

Baca juga: 5 Pilihan Warna yang Cocok untuk Dinding Dapur Minimalis

Selain dicat kembali, dinding putih bisa dibersihkan untuk mengembalikan kilau alaminya. Bahkan, Anda hanya memerlukan barang-barang yang sederhana dan mudah didapatkan.

Beberapa peralatan yang Anda butuhkan seperti spons, lap mikrofiber, handuk kertas, sikat dinding, pembersih serbaguna, soda kue, serta sabun cuci piring.

Sebelum melakukan tindakan pembersihan, nilai kondisi dinding sehingga bisa diketahui apa saja produk yang harus digunakan.

Anda dapat mengatasi banyak jenis noda dengan bantuan spons lembut atau kain mikrofiber. Tetapi, untuk noda yang lebih membandel, Anda mungkin memerlukan sikat dinding.

Cobalah memilih pembersih serba guna dengan tekstur yang hampir seperti sabun. Pembersih jenis ini bekerja paling baik untuk mengangkat kotoran yang lengket, misalnya noda makanan atau minuman.

Untuk noda yang tidak terlalu susah, ambillah spons lembut, basahi, tambahkan sedikit sabun cuci piring, dan usap nodanya.

Gosok noda dengan lembut sampai terlihat busa, diamkan sebentar, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber basah. Jika dinding masih terlihat kotor, ulangi prosesnya dua atau tiga kali.

Untuk permukaan dengan noda membandel, gunakan pasta soda kue. Ambil beberapa sendok soda kue. Campurkan dengan air dan buatlah berbentuk pasta.

Baca juga: Hadirkan Energi Positif di Ruang Makan Lewat Warna Dinding Ini

Oleskan pasta dengan lembut ke dinding dengan spons basah dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dinding dengan kain mikrofiber basah atau handuk kertas.

Bersihkan dinding secara teratur agar noda tidak meresap ke dinding misalnya satu bulan sekali. Bila ada noda yang mengenai dinding, segera bersihkan agar tak ada bekas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com