Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Ide Ruang Keluarga untuk Rumah Minimalis

Kompas.com - 13/08/2022, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang berencana menghadirkan konsep rumah minimalis pada ruang keluarga mungkin sedang mencari inspirasi.

Sebetulnya ada banyak sekali ide ruang keluarga bergaya minimalis. Anda hanya perlu banyak mengeksplor dan menemukan gaya favoritmu sendiri.

Terpenting tetap memperhatikan kaidah-kaidah gaya rumah minimalis dan juga ramah di kantong.

Namun untuk sedikit memberi inspirasi, terdapat beberapa ide terkait menciptakan ruang keluarga bergaya minimalis.

Sebagaimana dilansir dari situs Real Homes, berikut ulasannya:

Berikan Tekstur

Ruang keluarga minimalis memang cukup minim dekorasi, tetapi Anda masih bisa menghadirkan tekstur pada sejumlah komponennya.

Misalnya sofa beludru, permadani berbulu halus, hingga meja kopi kayu atau marmer. Sesuaikan bentuk furnitur agar nampak serasi, rapi, dan memiliki "garis lurus".

Baca juga: Mengapa Banyak Rumah Minimalis Berwarna Putih? Ini Jawabannya

Dengan mengombinasikan beberapa item itu, ruang keluarga sudah cukup memiliki aspek dekoratif dan menarik secara visual.

Mainkan Warna Sederhana

Warna netral menjadi ciri khas rumah minimalis. Namun ada baiknya memberi sentuhan warna lain sebagai kombinasi, misalnya hijau.

Tanaman bisa menjadi item yang cocok untuk sedikit memperkaya warna di ruang keluarga. Tapi jangan terlalu banyak, cukup fokuskan pada satu titik.

Pilihan lainnya, menggunakan bantal atau karpat bermotif daun (dua warna) pada perabotan yang didominasi warna abu-abu.

Memilih dua warna utama adalah semua yang dibutuhkan untuk ruang keluarga minimalis. Cukup untuk menghadirkan nuansa dekoratif dan menarik.

Pilih Desain Sederhana dan Bersih

Kesederhanaan cenderung berjalan seiring dengan ruang modern. Salah satu hal yang penting ialah pemilihan bentuk furnitur.

Desain yang meliuk-liuk dan mewah tidak akan menciptakan kesan minimalis. Jadi pilihlah potongan yang menciptkan garis ruangan bersih dan kontemporer.

Baca juga: Catat, Hindari Kesalahan Ini saat Mendekorasi Rumah Minimalis

Contohnya, gunakan sofa yang ramping dan memiliki tekstur bagus. Tambahkan bantal, karper, serta rak minimalis untuk menyimpan beberapa aksesoris.

Beri Satu Daya Tarik

Ruang keluarga minimalis baiknya memiliki titik fokus sebagai daya tarik. Seperti memilih sofa berwarna kuning cerah pada ruangan yang didominasi putih.

Selain itu, karpet bermotif dan aksesoris lainnya juga bisa menjadi daya tarik. Sehingga bisa menyuguhkan tampilan yang menyenangkan dan unik.

Kendati begitu, bebas dari kekacauan adalah tujuan utama rumah minimalis. Jadi singkirkan item yang tak digunakan dan kedepankan fungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com