Soal Kendaraan Tanpa Awak, Kemenhub Masih Susun dan Matangkan Regulasi

Kompas.com - 13/08/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong perguruan tinggi dan pihak swasta untuk terus menggali peluang serta tantangan menghadirkan kendaraan tanpa awak atau otonom di Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara kunci dalam webinar bertema “Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia: Peluang Serta Tantangannya”, pada Sabtu (13/08/2021).

Menurut dia, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi untuk memasifkan penggunaan kendaraan otonom di Indonesia.

Di antaranya kesiapan jalan, jaringan internet, kondisi lingkungan, regulasi terkait teknis laik jalannya, serta pelaksanaan pengujian kendaraannya. 

"Saat ini kami tengah menyusun dan terus mematangkan regulasinya," ujar Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Kendaraan tanpa awak pengemudi (driverless) merupakan sistem transportasi cerdas (intelligent transport system/ITS) yang akan menjadi transportasi masa depan.

Baca juga: Animo Tinggi, Kendaraan Tanpa Awak di BSD City Telah Dicoba Ribuan Orang

Sejumlah keunggulan dari kendaraan ini yaitu memiliki kepastian dan ketepatan waktu, mengurangi emisi karbon, kemacetan, konsumsi bahan bakar hingga 15 persen, dan juga mengurangi tingkat kecelakaan karena human error mencapai 40 persen.

"Butuh kolaborasi dari semua stakeholder terkait, baik akademisi dan pihak swasta, untuk menciptakan iklim yang kondusif agar kendaraan otonom ini dapat diwujudkan," tutup Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Sidarta Darmono menyampaikan dukungannya untuk mewujudkan kehadiran kendaraan otonom di Indonesia.

Menurutnya, diperlukan pengembangan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan otonom, salah satunya yaitu penguatan jaringan internet. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.