Kompas.com - 11/08/2022, 05:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah mengebut pembangunan Pengaman Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Novianto Ari Nughroho mengatakan, proyek senilai Rp 249 miliar ini membutuhkan waktu pengerjaan 1.080 hari.

"Memiliki total panjang 6,2 kilometer dilengkapi jogging track dengan lebar 5 meter, proyek ini akan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023," terang dia dalam rilis, Rabu (10/8/2022).

Saat ini, progresnya telah mencapai 51,35 persen dari rencana awal per akhir Juli 2022 yaitu 49,53 persen.

Proyek Pengamanan Pantai KEK Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang Paket 1 ini dimulai pasca-bencana tsunami tahun 2018 lalu.

Pemerintah kemudian membangun kembali kawasan ini untuk menjadi daya tarik para investor untuk berinvestasi di kawasan tersebut.

Baca juga: Sedang Dibangun di KEK Tanjung Lesung, Ketahui Jenis-jenis Pengaman Pantai

Sejak terjadinya gempa empat tahun lalu, sektor pariwisata di Banten, khususnya Tanjung Lesung mengalami penurunan drastis.

Menurut data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang sebelum gempa terjadi, kunjungan pariwisata mencapai 70 persen.

Namun, setelah peristiwa tersebut, untuk mencapai 30-50 persen saja mereka harus berjuang dengan keras.

Selain melindungi garis pantai dari ancaman abrasi, proyek ini dikerjakan demi melindungi jalan nasional.

"Proyek ini juga mendukung bangkitnya pertumbuhan ekonomi kawasan pariwisata," tutur Novianto.

Adapun Pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung juga melewati delapan pantai yang membentang di Kabupaten Pandeglang.

Mulai dari Pantai Batu Hideung, Pantai Legon Waru, Pantai Cipenyu, Pantai Karang Meungpeuk, Muara Kalica-Pantai Bodur, Tanjung Lesung Resort, Lalassa Beach, hingga Pantai Sacna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.