Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEK Tanjung Lesung Pernah Diterjang Tsunami, Pengelola Diminta Bikin Jalur Evakuasi

Kompas.com - 09/08/2022, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dan PT Banten West Java untuk membuat jalur evakuasi di sekitar Rumah Susun (Rusun) Pekerja Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Provinsi Banten.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan selaku Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja saat memberikan arahan kepada dua pengelola rusun tersebut di Banten, Senin (8/8/2022).

"Selain itu, perlu dibangun satu sarana yang penting untuk jalur evakuasi bencana, karena di kawasan ini pernah ada tsunami," jelas Endra.

Endra juga meminta agar rusun tersebut benar-benar dirawat dan juga dibuat lebih teduh karena berada di kawasan pantai.

Nantinya, rusun tersebut akan diperuntukkan bagi para pekerja Banten West Java Tourism Development Corporation (TDC).

Rusun pekerja KEK Tanjung Lesung mulai dibangun pada tahun 2021-2022 dengan luas bangunan 2.950 meter persegi dengan anggaran senilai Rp 21,1 miliar.

Baca juga: Rusun Pekerja KEK Tanjung Lesung Dikelola Banten West Java dan Pemkab Pandeglang

Selain bangunan fisik, Kementerian PUPR juga menyediakan furnitur untuk mendukung kenyamanan para penghuni seperti lemari, tempat tidur, meja, dan kursi pada setiap unitnya.

Secara keseluruhan, rusun dapat menampung 252 orang, yang dua diantaranya merupakan 2 unit difabel dan 62 unit reguler.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan terimakasih pada Kementerian PUPR dengan dibangunnya rusun yang berada tidak jauh dari tempat kerja.

Sehingga, dapat memberikan nilai efisiensi tinggi bagi para pekerja KEK Tanjung Lesung dan meningkatkan produktivitas para pekerja.

Adapun KEK Tanjung Lesung merupakan salah satu KSPN Prioritas yang ditangani pemerintah pusat bersama pemerintah daerah (Pemda) dan juga mitra investor atau swasta.

Saat ini, calon daftar penghuni rusun sudah tersedia dan akan segera dilakukan penghunian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com